Angin Kencang Terjang Kulonprogo, Sejumlah Fasilitas Rusak

Sebuah pohon cemara laut tumbang dan menimpa warung makan di Pantai Glagah, Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon, Kulonprogo, Rabu (17/2/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
17 Februari 2021 15:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Angin kencang menerjang Kulonprogo dan mengakibatkan pohon tumbang. Kecamatan (kapanewon) yang dilanda angin kencang meliputi Temon, Panjatan, dan Galur.

Subardi, 55, warga Glagaharjo mengatakan sebuah pohon cemara laut tumbang dan menimpa warung makan Yu Gun, yang berada di Pantai Glagah, Kalurahan Glagah, Kapanewon Temon, Kulonprogo.

BACA JUGA: Diawali Dentuman, Belasan Sumur Warga Klaten Ambles

"Juga rumah milik Pak Suyadi," ujar Subardi, Rabu (17/2/2021).

Angin kencang juga merobohkan kubah masjid di Temon.

Panewu Temon, Djaka Prasetya, mengatakan angin kencang berlangsung cukup lama. Sejumlah laporan pohon tumbang  kemudian masuk. Di kalurahan Glagah ada dua lokasi pohon tumbang. Di Plumbon, sebuah pohon kelapa runtuh dan menimpa rumah warga.

"Pohon menimpa rumah, warung, dan jaringan kabel listrik atau telpon. Untungnya, tidak ada korban jiwa," kata Djaka.

BACA JUGA: Pemerintah Akan Angkat 1 Juta Guru Honorer Menjadi PPPK

Sementara itu, Panewu Panjatan, Setiawan Tri Widada, mengatakan empat pohon tumbang di Garongan dan tiga di Kalurahan Pleret.

"Pohon tumbang ada yang menimpa rumah warga, menutup jalan dan menimpa jaringan listrik hingga mengakibatkan tiang listrik patah. Di Pleret tinggal perbaikan jaringan listrik karena ada tiang yang patah," kata Setiawan Tri Widada.