Advertisement

Jogja Akan Punya Wisata Tanaman Hias 2 Hektare, di Sini Lokasinya

Ujang Hasanudin
Jum'at, 19 Februari 2021 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
Jogja Akan Punya Wisata Tanaman Hias 2 Hektare, di Sini Lokasinya Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogjo.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja merencanakan membuat kawasan flori kultur di wilayah Bener,  Tegalrejo,  Jogja.  Desrinasi tersebut berupa perpaduan tanaman hias. Tujuannya mendongkrak wisata di Jogja bagian utara dan barat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jogja Suyana mengatakan wahana flori kultur rencananya menempati lahan sekitar dua hektaree di Bener, Tegalrejo,  yang lokasinya tepat berada di konpleks rumah susun sewa sederhana.  Kawasan tersebut saat ini ditanami padi. “Kami ajukan diri menjadi wahana flori kultur,” kata Suyana,  Jumat (19/2/2021)

Advertisement

BACA JUGA: Enggan Isolasi, Pasien Covid-19 di Sumbermulyo Malah Berkunjung ke Rumah Tetangga

Menurut dia,  pembangunan flori kultur bukan dimaksudkan untuk mengalihkan lahan persawahan yang sudah ada melainkan mengembangkan menjadi lebih produktif. Apalagi Jogja merupakan kota wisata sehingga perlu ada ungkitan baru yang kelak bisa memberdayakan masyarakat tanpa meninggalkan akar budaya yang ada sesuai arahan dari Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi.

Saat ini lahan sawah tersebut belum terlalu produktif untuk Jogja. “Sehingga butuh daya ungkit baru untuk kawasan wisata,” kata Suyana.

Dinas Pertanian dan Pangan Jogja sudah memiliki lahan pertanian di Giwangan yang digunakan untuk budi daya pisang.  Lahan tersebut tetap dipertahankan untuk tanaman pangan.  Kawasan tersebut juga akan dilengkapi ruang untuk pembibitan, penjualan, taman bermain dan edukasi serta zona kuliner.

Berbagai tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi akan turut dibudidayakan, seperti bunga matahari, krisan, amarilis dan sebagainya.

Saat ini rencana tersebut masih dalam tahap prmbuatan desain engineering detail (DED). “Anggarannya berapa masih dalam proses perencanaan dulu.  Kami susun DED dulu,” ucap Suyana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement