Enggan Isolasi, Pasien Covid-19 di Sumbermulyo Malah Berkunjung ke Rumah Tetangga

Ilustrasi. - Freepik
19 Februari 2021 13:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BAMBANGLIPURO - Tim Satgas Covid-19 Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul dibuat pusing oleh salah satu warganya, Kamis (18/2/2021) sore. Sebab, meski dinyatakan positif Covid-19, salah satu warga Sumbermulyo itu tidak melakukan isolasi mandiri, bahkan memilih mengunjungi rumah tetangganya.

“Kami menemukannya berada di rumah tetangganya dan tidak menggunakan masker. Saat ini kami sudah minta yang bersangkutan pulang dan menjalani isolasi mandiri,” kata Carik Kalurahan Sumbermulyo, Totok Dwi Hermawan, Jumat (19/2/2021).

BACA JUGA : Pasien Covid-19 di Bantul Hari Ini Bertambah 95 Orang

Lebih lanjut Totok menceritakan, awalnya warga tersebut telah diberitahu oleh petugas dari Puskesmas Bambanglipuro melalui gawai terkait hasil tes swab, yang menyatakan positif dan harus menjalani isolasi. Akan tetapi, warga tersebut justru memilih tetap beraktivitas di luar rumah dan mengunjungi tetangga, tanpa menggunakan masker.

Alhasil, petugas dari Puskesmas Bambanglipuro memilih memberitahukan hal ini kepada Satgas Covid-19 Sumbermulyo. Satgas yang mendengar informasi dari petugas langsung bergerak dan mendatangi rumah warga tersebut. Sempat tidak menemukan warga tersebut di rumahnya, Satgas akhirnya menemukannya di rumah tetangga.

“Nah, kami hanya menemukan yang bersangkutan. Sang suami tidak di rumah. Tapi, hari ini kami sudah meminta suaminya untuk melakukan tes swab. Jika ternyata nanti sang suami positif, kami harus bekerja keras melakukan tracing,” terangnya.

BACA JUGA : 125 Warga Bantul Dinyatakan Sembuh Covid-19 dalam

Totok menduga, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu diduga terpapar di tempat kerjanya di wilayah Bambanglipuro. Sebab, pemilik usaha tempat warganya yang  positif Covid-19 itu, kata Totok juga dinyatakan positif Covid-19.

“Untuk saat ini kami minta satgas di tingkat padukuhan memantau warga yang tengah menjalani isolasi ini. Soal kebutuhan bisa dicukupi bersama-sama nantinya,” paparnya.

Tetangga warga yang terkonfirmasi Covid-19, Saeful menyatakan akibat aksi yang dilakukan tetangganya tersebut, membuat warga panik. “Padahal, seharusnya kan isolasi mandiri, jangan ke mana-mana. Jika sudah seperti ini, warga jadi panik,” ucapnya.