Advertisement

Enggan Isolasi, Pasien Covid-19 di Sumbermulyo Malah Berkunjung ke Rumah Tetangga

Jumali
Jum'at, 19 Februari 2021 - 13:27 WIB
Sunartono
Enggan Isolasi, Pasien Covid-19 di Sumbermulyo Malah Berkunjung ke Rumah Tetangga Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BAMBANGLIPURO - Tim Satgas Covid-19 Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul dibuat pusing oleh salah satu warganya, Kamis (18/2/2021) sore. Sebab, meski dinyatakan positif Covid-19, salah satu warga Sumbermulyo itu tidak melakukan isolasi mandiri, bahkan memilih mengunjungi rumah tetangganya.

“Kami menemukannya berada di rumah tetangganya dan tidak menggunakan masker. Saat ini kami sudah minta yang bersangkutan pulang dan menjalani isolasi mandiri,” kata Carik Kalurahan Sumbermulyo, Totok Dwi Hermawan, Jumat (19/2/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Pasien Covid-19 di Bantul Hari Ini Bertambah 95 Orang

Lebih lanjut Totok menceritakan, awalnya warga tersebut telah diberitahu oleh petugas dari Puskesmas Bambanglipuro melalui gawai terkait hasil tes swab, yang menyatakan positif dan harus menjalani isolasi. Akan tetapi, warga tersebut justru memilih tetap beraktivitas di luar rumah dan mengunjungi tetangga, tanpa menggunakan masker.

Alhasil, petugas dari Puskesmas Bambanglipuro memilih memberitahukan hal ini kepada Satgas Covid-19 Sumbermulyo. Satgas yang mendengar informasi dari petugas langsung bergerak dan mendatangi rumah warga tersebut. Sempat tidak menemukan warga tersebut di rumahnya, Satgas akhirnya menemukannya di rumah tetangga.

“Nah, kami hanya menemukan yang bersangkutan. Sang suami tidak di rumah. Tapi, hari ini kami sudah meminta suaminya untuk melakukan tes swab. Jika ternyata nanti sang suami positif, kami harus bekerja keras melakukan tracing,” terangnya.

BACA JUGA : 125 Warga Bantul Dinyatakan Sembuh Covid-19 dalam

Totok menduga, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu diduga terpapar di tempat kerjanya di wilayah Bambanglipuro. Sebab, pemilik usaha tempat warganya yang  positif Covid-19 itu, kata Totok juga dinyatakan positif Covid-19.

“Untuk saat ini kami minta satgas di tingkat padukuhan memantau warga yang tengah menjalani isolasi ini. Soal kebutuhan bisa dicukupi bersama-sama nantinya,” paparnya.

Tetangga warga yang terkonfirmasi Covid-19, Saeful menyatakan akibat aksi yang dilakukan tetangganya tersebut, membuat warga panik. “Padahal, seharusnya kan isolasi mandiri, jangan ke mana-mana. Jika sudah seperti ini, warga jadi panik,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement