Jaring Peserta Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia, Pemda DIY Mulai Sebar Link Pendaftaran

Foto ilustrasi: Vaksinator menyiapkan vaksin COVID-19 Sinovac dosis kedua sebelum disuntikan ke tenaga kesehatan saat Gebyar Vaksin COVID-19 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/2/2021). - ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
19 Februari 2021 21:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY mulai mendata calon peserta program vaksinasi Covid-19 bagi warga berusia lanjut. Pendataan dilakukan lewat formulir pendaftaran online.

Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji, mengatakan pendataan secara daring ini merupakan bentuk kerjasama antara Dinas Kesehatan (Dinkes) di tujuh provinsi di wilayah Jawa Bali dengan Kementerian Kesehatan RI. Namun formulir baru bisa diisi oleh warga lansia yang tinggal di wilayah ibu kota provinsi.

"Sementara hanya khusus di ibukotanya dulu, seperti di DIY baru Kota Jogja dulu," ujarnya kepada wartawan Jumat (19/2/2021).

BACA JUGA: Update Covid-19 DIY: Bantul Dominasi Kasus Baru

Meski begitu, Ditya memastikan pada kemudian hari warga di empat kabupaten di DIY, yakni Gunungkidul, Bantul, Sleman dan Kulonprogo bakal kebagian jatah, setelah pendaftaran di Kota Jogja tuntas. "Untuk kabupaten nanti menyusul," ucapnya.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih menyatakan untuk informasi ke depan seperti jadwal pelaksanaan vaksinasi dan prosedur akan diumumkan jubir Kemenkes. Namun yang jelas pendataan saat ini baru berlaku di Ibukota Provinsi dalam hal ini Kota Jogja.

"Nanti Jubir Kemenkes akan mengumumkan. Ibu kota provinsi, hanya Kota Jogja," ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY Sugeng Purwanto, menjelaskan total penduduk lansia di DIY saat ini mencapai 594.632 jiwa. Data itu lanjutnya telah diserahkan ke Dinas Kesehatan DIY, sebagai pertimbangan untuk pemutakhiran data peserta vaksinasi. "Kemarin sudah diminta Dinkes, tinggal nanti nunggu aja," ujarnya

Adapun untuk formulir pendaftaran vaksinasi itu bisa diakses lewat https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScGU6LcD8naylz39-kvaaGcFyVuSTOeDDUVQaGumDUnd2uk1Q/viewform. Setelah masuk ke dalam link ini, calon peserta mengisi sejumlah data meliputi tempat tinggal, fasilitas kesehatan (faskes) untuk melakukan vaksinasi, nama, NIK, jenis kelamin, tanggal lahir, umur, alamat serta no handphone yang bisa dihubungi.