Akibat Pandemi, Pengangguran Terbuka di Kulonprogo Meningkat

Ilustrasi pengangguran - Pixabay
19 Februari 2021 13:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kulonprogo menyebut angka pengangguran terbuka di Kulonprogo meningkat 3,71 persen dari sebelumnya di kisaran 1,8 persen.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo Nur Wahyudi mengatakan kenaikan angka pengangguran terbuka di Kulonprogo adalah dampak dari pandemi Covid-19.

BACA JUGA: 2 Kantor Pemda DIY Digeledah KPK, Sultan: Cepat Selesaikan Aja

Angka pengangguran terbuka pada 2019 sebesar 1,8 persen setara dengan 4.614 orang. Sementara, pada 2020 terjadi kenaikan angka pengangguran terbuka sebesar 3,71 persen setara dengan 10.500 orang.

Pandemi Covid-19 membuat sejumlah perusahaan mengalami kesulitan dalam bertahan di tengah gempuran pandemi Covid-19 sehingga pekerja terkena dampak.

Disnakertrans Kulonprogo setiap bulan tak henti-hentinya memberikan informasi mengenai lowongan kerja di website resmi Disnakertrans maupun melalui akun media sosial resmi milik Disnakertrans.

“Setiap kali perusahaan mempunyai lowongan kerja kami selalu menginformasikan lowongan tersebut. Kami juga punya grup di WhatsApp baik di lingkungan Pemkab maupun dengan sejumlah HRD perusahaan,” ujar dia.