Advertisement

Sebentar Lagi, Belasan Ribu Pelaku Usaha di Malioboro Akan Divaksin Covid-19

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 21 Februari 2021 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Sebentar Lagi, Belasan Ribu Pelaku Usaha di Malioboro Akan Divaksin Covid-19 Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat meninjau calon lokasi vaksinasi pedagang di Pasar Beringharjo, Jogja, Minggu (21/2/2021). - Istimewa/Humas Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program vaksinasi Covid-19 tahap kedua di DIY akan dimulai pada Senin (1/3/2021) mendatang. Pelaku usaha di kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo, Kota Jogja, bakal menjadi sasaran awal vaksinasi ini.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, saat bertemu Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Kraton Jogja, Minggu (21/2/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Survei: Sebagian Besar Warga Indonesia Tak Takut Covid-19

"Saya di sini matur izin kepada Ngarsa Dalem karena rencananya tanggal 1 Maret ini kami adakan acara di Pasar Beringharjo yakni, vaksinasi kepada pedagang pasar, mudah-mudahan bisa lancar acaranya," kata Budi.

Ia menjelaskan pedagang dipilih dalam vaksinasi tahap kedua karena memiliki risiko tinggi tetular Covid-19. Hal itu tak lepas dari aktivitas pedagang yang kerap bertemu dengan banyak orang.

Sultan mengatakan sasaran vaksinasi tahap kedua ini tak hanya menyasar pedagang di kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo, tetapi juga para pelayan rumah toko (ruko) yang ada di sepanjang Jalan Malioboro.

"Jadi tak hanya di pasar aja ya, ada PKL juga pelayanan ruko," ujar Sultan.

BACA JUGA: Ganti Rugi Tol Jogja-Solo Sudah Dibayarkan Nyaris Rp1 Triliun

Vaksinasi massal ini akan diikuti oleh 19.897 jiwa, yang terdiri dari 8.144 pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di kawasan Malioboro. Lokasi kegiatan dilangsungkan di Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali, Jogja.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan, vaksinasi bagi pelaku usaha di Malioboro ditargetkan rampung dalam sepekan. Dinkes akan menerjunkan 140 tenaga kesehatan sebagai vaksinator. Mereka disebar di tiga lokasi, yakni Abu Bakar Ali sebanyak tujuh tim, Pasar Beringharjo enam tim, dan Benteng Vredeburg tujuh tim. Masing-masing tim berisi tujuh petugas yang bekerja dalam dua sif.

"Dalam sehari ditargetkan bisa memberikan vaksin kepada 2.800 orang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement