KEGIATAN SOSIAL: Paguyuban Pedagang Pasar Bantu Panti Asuhan

Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo lantai 2, Ayem Tentrem ketika memberikan bantuan ke Yayasan Rumah Yatim Kelor di Karangmojo, Gunungkidul, Minggu (21/2). - Ist
23 Februari 2021 06:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, WONOSARI—Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo lantai 2, Ayem Tentrem melakukan bakti sosial ke Panti Asuhan Yatim Kelor, Karagmojo, Gunungkidul, Minggu (21/2). Mereka memberikan bantuan berupa sembako dan barang-barang yang dibutuhkan oleh Panti Asuhan.

Harno, Ketua Paguyuban Ayem Tentrem di sela-sela pemberian bantuan ke panti asuhan mengatakan, sebelum memberikan bantuan, mereka melakukan survei terlebih dahulu. “Ternyata Panti Asuhan Yatim Kelor ini sangat membutuhkan bantuan karena setelah pandemi, donatur yang memberikan bantuan turun drastis hingga 75%,” katanya.

Untuk itu bersama pengurus Ayem Tentrem, mereka memberikan bantuan ke panti asuhan tersebut. Karena suasana pandemi maka yang datang langsung ke sana juga tidak banyak. Hanya pengurus saja. “Ternyata respon pengelola sangat baik. Mereka sangat bersyukur karena memang sangat membutuhkan bantuan untuk anak-anak panti,” jelasnya.

Kegiatan sosial ini rutin dilakukan oleh Paguyuban Ayem tentrem. Dalam satu tahun mereka paling tidak memberikan bantuan tiga kali. Bantuan untuk pembangunan masjid atau musala, bantuan ke panti asuhan dan bantuan ke anak-anak yatim piatu. “Untuk pembangunan masjid dan musala ada 10 proposal yang sudah masuk,” ungkapnya.

Paguyuban Ayem Tentrem dibentuk karena dari pemerintah kota melalui dinas terkait memang meminta pedagang untuk membuat paguyuban. Untuk Pasar Beringharjo lantai 2, sepakat untuk membentuk satu paguyuban saja dan dinamakan Paguyuban Ayem Tentrem. Ada 350 pedagang yang menjadi anggota paguyuban. Sementara pengurus ada 22 orang. Selama ini sudah banyak kegiatan yang dilakukan paguyuban Ayem Tentrem termasuk kegiatan sosial. (ADV)