Advertisement

Semar: Semua Kalurahan Sudah Dirikan Posko Penanggulangan Covid-19

David Kurniawan
Selasa, 23 Februari 2021 - 07:57 WIB
Sunartono
Semar: Semua Kalurahan Sudah Dirikan Posko Penanggulangan Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SEMIN – Perkumpulan lurah se-Gunungkidul yang tergabung dalam Paguyuban Semar memastikan posko penanggulangan Covid-19 telah didirakan di seluruh kalurahan. Tidak hanya untuk pencegahan, di posko juga ada fasilitas dapur umum dan ruang karantina.

Wakil Ketua Paguyuban Semar, Suhadi mengatakan, untuk posko penanggulanggan di tingkat kalurahan sudah semua mendirikan. Pada saat ini sudah mulai beroperasi dan bertugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dimiliki.

Advertisement

BACA JUGA : Sebanyak 1.026 Posko Covid-19 Didirikan di Kota Jogja

Menurut dia, ada beberapa ketugasan yang dimiliki seperti upaya pencegahan dengan melaksanakan sosialisasi, penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak) serta melakukan pembatasan mobilitas. Selain itu, ada juga penanganan kesehatan dengan testing, tracing dan treatment dan penanganan dampak ekonomi dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Kami juga lakukan pembinaan dengan penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Selain itu ada dukungan terhadap upaya penanggulangan melalui pencatatan dan pelaporan, logistik, dukungan komunikasi dan administrasi,” kata Lurah Pacarejo ini.

Disinggung mengenai anggaran operasional, ia mengaku tidak memasalahkan karena ada instruksi tentang alokasi penanganan yang bersumber dari Dana Desa dari Pemerintah Pusat.

BACA JUGA : Seluruh Kalurahan dan Kelurahan di Kulonprogo Wajib 

“Jadi dana desa tidak hanya untuk penyaluran BLT, tapi juga ada yang untuk mendukung operasional posko,” katanya.

Lurah Bendung, Kapanewon Semin, Didik Rubiyanto mengatakan, untuk posko penanggulangan sudah didirikan. Malahan, sambung dia, keberadaan posko sudah difungsikan salah satunya dengan menerjunkan relawan dan anggota untuk menyosialisasikan protokol kesehatan di masyarakat.

“Sudah jalan. Selanjutnya, kami akan mempersiapkan anggaran guna mendukung kinerja dalam pengoperasioan posko,” kata Didik.

Menurut dia, di dalam posko tidak hanya bertugas melakukan sosialisasi, namun ada juga penyediaan logistik melalui dapur umum. Selain itu, pihak kalurahan menyediakan ruang karantina khusus bagi warga yang positif.

“Sudah siap di ruangan karantina ada tempat tidur, TV hingga perlengkapan meja kursinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement