Advertisement

Besok, Warga Gunungkidul Dipimpin Bupati Baru

David Kurniawan
Rabu, 24 Februari 2021 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Besok, Warga Gunungkidul Dipimpin Bupati Baru Calon Bupati Gunungkidul, Sunaryanta saat mencoblos bersama istri di TPS 8 Dusun Kwarasan Wetan, Rabu (9/12/2020). - Istimewa/dok

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih dilaksanakan Jumat (26/2). Rencananya prosesi ini dipimpin oleh Gubernur DIY di Bangsal Kepatihan, Pemerintah DIY.

Kepala Bidang Pemerintahan Umum, Sekretariat Daerah Gunungkidul, Arif Kuncahyo mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi resmi dari Pemerintah DIY terkait dengan pelantikan bupati dan wakil bupati. “Kami sudah diberiahu. Pelantikan rencananya diselenggarakan di Bangsal Kepatihan pada Jumat [26/2] pukul 09.00 WIB,” kata Arif kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Advertisement

Menurut dia, sesuai dengan tata aturan yang berlaku, prosesi pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Meski demikian, Arif belum bisa memaparkan teknis dengan pelantikan karena baru dalam pembahasan. “Sore ini [kemarin] baru dirapatkan untuk teknis pelaksanaan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Harga Cetak Rekor Tertinggi dalam 7 Tahun, Kedelai Terancam Langka

Ia mengatakan, sebelum ada prosesi biasanya akan ada gladi bersih untuk kelancaranan dalam pelantikan. “Inforamsinya gladi akan dilaksanakan pada Kamis [hari ini]. Tapi untuk pastinya masih menunggu instruksi,” katanya.

Ditambahkan dia, masa jabatan bupati periode 2016-2021 telah berakhir pada 17 Januari lalu. Sesuai dengan instruksi dari Dirjend Otonomi Daerah, guna mengisi kekosangan jabatan maka ditunjuklah sekretaris daerah sebagai Pelaksana Harian Bupati. “Tugasnya sampai adanya pelantikan bupati terpilih,” katanya.

Bupati Gunungkidul terpilih, Sunaryanta mengaku akan mengikuti teknis pelantikan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Ya kita akan ikut dan siap dilantik kapan saja,” katanya.

Menurut dia, sudah melakukan berbagai persiapan guna mewujudkan visi misinya pada saat berkampanye lalu. Sunaryanta mengaku akan bekerja cepat untuk membangun tanah kelahirannya ini. Tiga prioritas utama yang akan dijalankan pertama yakni memperkuat UMKM, Investasi dan Pariwisata. Sebab, tiga sektor ini yang dipandang perlu diperkuat agar masyarakat Gunungkidul bisa segera maju dan tidak tertinggal dari daerah lain. “Yang jelas saya berkomiten dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menguat Sinyal Megawati Mau Bertemu Prabowo Setelah Rakernas PDIP

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement