Advertisement

Puluhan Penghuni Ponpes di Piyungan Terpapar Corona

Jumali
Jum'at, 05 Maret 2021 - 11:17 WIB
Bhekti Suryani
Puluhan Penghuni Ponpes di Piyungan Terpapar Corona Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 34 orang di salah satu ponpes di Kapanewon Piyungan, Bantul, positif Covid-19. Mereka dinyatakan positif seusai Dinas Kesehatan Bantul menggelar rapid tes antigen di pondok setempat, Kamis (4/3/2021).

“Iya, dari pemeriksaan kemarin, ada 34 yang positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sri Wahyu Joko Santosa, Jumat (5/3/2021).

Advertisement

Lebil lanjut Oki-panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa mengungkapkan, awalnya ada dua warga ponpes mengeluh sakit dengan tanda-tanda menyerupai gejala Covid-19. Dari hasil pemeriksaan rapid tes antigen mandiri, keduanya dinyatakan positif.

Dinkes Bantul kemudian melakukan tracing, Jumat (26/2/2021) dan mendapatkan 9 orang di ponpes tersebut kontak erat. Kesembilan orang tersebut juga mengalami gejala. “Setelah di tes swab PCR, hasilnya positif,” ungkap Oki.

BACA JUGA: Cek Info Stok Darah di DIY 5 Maret 2021

Menurut Oki, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 secara masif di ponpes tersebut, Dinkes kemudian menggelar rapid tes antigen, Kamis (4/3). Dari 241 orang yang dites, hasilnya ada 34 orang positif. Adapun mereka yang dinyatakan positif Covid-19 adalah santri dan guru di pondok tersebut.

“Saat ini mereka telah melakukan isolasi mandiri di ponpes. Ada petugas dari puskesmas setempat yang memantau kondisi mereka,” ucap Oki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement