Puluhan Penghuni Ponpes di Piyungan Terpapar Corona

Ilustrasi. - Freepik
05 Maret 2021 11:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 34 orang di salah satu ponpes di Kapanewon Piyungan, Bantul, positif Covid-19. Mereka dinyatakan positif seusai Dinas Kesehatan Bantul menggelar rapid tes antigen di pondok setempat, Kamis (4/3/2021).

“Iya, dari pemeriksaan kemarin, ada 34 yang positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sri Wahyu Joko Santosa, Jumat (5/3/2021).

Lebil lanjut Oki-panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa mengungkapkan, awalnya ada dua warga ponpes mengeluh sakit dengan tanda-tanda menyerupai gejala Covid-19. Dari hasil pemeriksaan rapid tes antigen mandiri, keduanya dinyatakan positif.

Dinkes Bantul kemudian melakukan tracing, Jumat (26/2/2021) dan mendapatkan 9 orang di ponpes tersebut kontak erat. Kesembilan orang tersebut juga mengalami gejala. “Setelah di tes swab PCR, hasilnya positif,” ungkap Oki.

BACA JUGA: Cek Info Stok Darah di DIY 5 Maret 2021

Menurut Oki, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 secara masif di ponpes tersebut, Dinkes kemudian menggelar rapid tes antigen, Kamis (4/3). Dari 241 orang yang dites, hasilnya ada 34 orang positif. Adapun mereka yang dinyatakan positif Covid-19 adalah santri dan guru di pondok tersebut.

“Saat ini mereka telah melakukan isolasi mandiri di ponpes. Ada petugas dari puskesmas setempat yang memantau kondisi mereka,” ucap Oki.