Duh....Tak Tahan dengan Sakit Darah Tinggi, Petani di Gunungkidul Pilih Gantung Diri

Ilustrasi Bunuh Diri
05 Maret 2021 15:37 WIB Newswire Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Kasus bunuh diri terus berulang di Gunungkidul. Penyakit yang tak disembuhkan jadi pemicunya.

Seorang warga Gunungkidul Hadi Cipto Suwarno alias Margiyo (77) ditemukan tewas gantung diri di pohon sawo yang ada di belakang rumahnya, Jumat (5/3/2021) dini hari.

Diduga korban putus asa karena sakitnya tidak sembuh. “Kejadiannya dini hari tadi sekitar pukul 02.00 WIB,” kata Kassubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Suyanto kepada wartawan, Jumat (5/3/2021).

Korban ditemukan pertama kali oleh Supriyono yang tidak lain anaknya. Sekitar pukul 02.00 WIB, saksi bersama istrinya menyembelih ayam untuk dijual ke pasar. Tidak lama berselang datang Lupi istri korban yang juga ibu dari Supriyono dan mengatakan kalau korban tidak ada di dalam rumah.

BACA JUGA: Puluhan Penghuni Ponpes di Piyungan Terpapar Corona

Mendengar penuturan ini, saksi mencari korban di sekitar rumahnya. Hingga akhirnya menemukan korban sudah tergantung di pohon sawo yang ada di belakang rumahnya menggunakan tali plasik.

Kejadian inipun dilaporkana ke polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Dari pemeriksaan tim medis tidak ada tanda-tanda penganiayaan. Petugas menemukan beberapa tanda orang gantung diri,” katanya.

Dari keterangan keluarganya, tidak ada permasalahan di dalam keluarga. Selama ini korban juga tidak banyak bermasalah dengan lingkungannya dan bekerja sebagai petani. Hanya saja korban memiliki riwayat sakit darah tinggi dan asam urat.
“Korban pernah berusaha bunuh diri 15 tahun lalu dengan menjeburkan ke dalam sumur,” kata Suyanto.

Catatan Redaksi:

Berita ini tidak ditujukan untuk menginspirasi siapapun melakukan hal serupa. Bila Anda atau teman Anda menunjukkan adanya gejala depresi yang mengarah ke bunuh diri, silakan menghubungi psikolog atau layanan kejiwaan terdekat. Anda juga bisa menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes di 1500-567.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul "Sakit Darah Tinggi Petani di Gunungkidul Tewas Gantung diri"

Sumber : iNews.id