Kabar Gembira! Vaksinasi untuk Masyarakat Umum di Jogja Akan Dimulai April

Vaksinasi massal di Pasar Beringharjo, Senin (1/3/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
08 Maret 2021 20:17 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja menargetkan vaksinasi Covid-19 yang menyasar untuk masyarakat umum akan dimulai pada April mendatang. Saat ini Pemkot masih fokus menyelesaikan vaksinasi untuk lansia dan beberapa pelaku usaha di kawasan Malioboro yang belum selesai.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan ada 12.000 lansia dari total 46.000 lansia yang sudah teregistrasi untuk mendapatkan perioritas vaksin pada gelombang kedua untuk termin pertama ini. Yang lannya masih dalam proses pendataan yang bekerjasama dengan Komisi Daerah (Komda) Lansia Jogja yang ada di tiap kalurahan.

BACA JUGA: Marzuki Ali Cs Gugat AHY ke PN Jakarta Pusat

Heroe mengatakan vaksinasi lansia sebenarnya sudah dimulai sejak 26 Februari lalu yang diawali 20 lansia. Kemudian dilanjutkan pada 8 Maret ini di 10 rumah sakit dan dua rumah sakit khusus ibu dan anak (RSKIA) agar tidak terjadi kerumunan. Kapasitas vaksinasi lansia di masing-masing rumah sakit trsebut diakui Heroe bisa sampai 100 orang dalam sehari.

Dia menargetkan vaksinasi sebanyak 12.000 yang sudah teregistrasi dan sisa pelaku usaha dan jasa akomodasi wisata yang tersisa bisa selesai dalam bulan ini. “Diharapkan 10 hari selesai,” kata Heroe, saat ditemui di SD Kauman Jogja, Senin (8/3/2021)

“Harapan kami memang Maret ini kita sudah selesaikan gelombang kedua atau tahap kedua. Tahap Pertama menyasar nakes, kedua pelayan publik dan lansia, harapan semua selesai Maret. Sehingga April masuk masyarakat umum,” tandas Heroe yang juga sebagai ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19.

Sementara itu pantauan di Rumah Sakit Pratama proses vaksinasi lansia berjalan lancar, tidak ada kerumunan, dan sebagian besar lansia dapat diinjeksi vaksin Covid-19 setelah melalui pemeriksaan oleh petugas. Dari 110 sasaran yang divaksin pada Senin (8/3/2021) hingga pukul 12.05 WIB sudah datang dan selesai divaksin sebanyak 50 orang. Sementara batas vaksinasi di hari itu hingga pukul 14.00 WIB.