Ribuan Lansia di DIY Sudah Divaksin Covid-19

Foto ilustrasi: Vaksinator menyiapkan vaksin COVID-19 Sinovac dosis kedua sebelum disuntikan ke tenaga kesehatan saat Gebyar Vaksin COVID-19 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/2/2021). - ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
08 Maret 2021 21:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 1.224 warga lanjut usia (lansia) di DIY telah mengikuti program vaksinasi Covid-19 tahap kedua termin pertama. Vaksinasi ini masih terus berjalan untuk nantinya menyasar lebih banyak peserta lansia.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih mengatakan 1.224 lansia yang sudah divaksin itu merupakan hasil pendataan per 7 Maret 2021. Jumlah itu dipastikan terus bertambah mengingat program vaksinasi masih berlangsung begitupun dengan proses pendataan calon peserta.

"Dari laporan yang masuk untuk lansia yang sudah divaksin sebanyak 1.224," kata Berty, Senin (8/3/2021).

Sementara itu jumlah tenaga publik di DIY yang telah divaksin per 7 Maret 2021 sebanyak 31.852. Vaksinasi untuk tenaga publik juga masih berjalan beriringan dengan pemberian vaksin terhadap lansia.

BACA JUGA: UGM Mundur dari Penelitian Vaksin Nusantara, Ini Penyebabnya

Total sasaran vaksinasi tahap kedua di DIY sekitar 200.000 orang yang meliputi petugas publik dan lansia. Namun jumlah itu berpotensi bertambah hingga pendataan target sasaran selesai.

Tahap kedua imunisasi ini ditargetkan rampung pada Mei 2021. Selanjutnya vaksin akan diberikan kepada seluruh warga di DIY secara bertahap yang ditargetkan selesai akhir tahun ini.

"Tahapan vaksinasi di DIY, ada empat tahap, yaitu, tahap pertama untuk Nakes, kedua untuk Pelayan Publik dan Lansia, ketiga untuk masyarakat rentan dan keempat pelaku rentan esensial dan masyarakat umum," jelas Berty.