Pemkab Bantul Refocusing APBD 2021, Revitalisasi Pasar Turi Tetap Jalan

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
08 Maret 2021 18:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kebijakan refocusing APBD Bantul 2021 dipastikan tidak akan berdampak kepada rencana revitalisasi Pasar Turi, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro tahun ini.

Pasar dengan luasan lahan sekitar 8.050 meter persegi dan luas bangunan pasar sekitar 5.105 meter persegi tersebut, tetap akan direvitalisasi tahun ini.

"Bedanya, tahun ini tidak akan menggunakan Dana Alokasi Khusus [DAK], tetapi menggunakan Dana Tugas Pembantuan [DTP] dari pemerintah pusat. Nilainya sekitar Rp4 miliar. Saat ini proses review sedang berjalan," kata Kabid Pengembangan Pasar Dinas Perdagangan Bantul Arum Bidayati, Senin (8/3/2021).

Kendati harus melewati tahapan yang panjang, namun Arum optimistis pembangunan Pasar Turi akan terealisasi tahun ini. Hal ini menyusul, tidak banyaknya perbaikan dari dokumen yang harus dipenuhi sebelum dana itu bisa dicairkan.

Baca juga: Ribuan PNS Sleman Ikuti Vaksinasi Massal

"InsyaAllah jika lancar, Juli sudah bisa dimulai," lanjut Arum.

Menurut Arum, pembangunan Pasar Turi yang dijalankan tahun ini adalah lanjutan dari revitalisasi tahun sebelumnya. Jika sebelumnya dengan anggaran DAK senilai Rp1,4 miliar, ada 300 los direvitalisasi di pasar sisi barat. Maka pada tahun ini, target perbaikan adalah luasan lahan di sisi timur seluas 300 meter.

"Kami sendiri pun telah melakukan pendataan terkait pedagang yang nantinya akan menempati bangunan hasil revitalisasi DTP. Los di sisi timur hanya akan diisi oleh pedagang ayam dan ikan," lanjut Arum.

Selain pembangunan los, Arum menyatakan revitalisasi di pasar turi tetap akan dilanjutkan ke depan. Utamanya untuk sisi utara. Harapannya, proses transaksi penjual dan pembeli lebih nyaman usai direvitalisasi.

"Untuk yang sisi utara, nanti akan dilanjutkan dengan APBD," ucap Arum.

Pasar Turi atau disebut pasar unggas memiliki pedagang dalam los sekitar 700 pedagang. Pasar tersebut juga dilengkapi tempat ibadah, area parkir, MCK, dan kantor, dan ara parkir. Selain pedagang yang menetap, di sekitar pasar Turi juga terdapat pedagang musiman.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Sukrisna Dwi Susanta mengatakan tahun ini hanya Pasar Turi yang direvitalisasi.

Baca juga: Angka Kekerasan Terhadap Perempuan di DIY Melonjak, Pandemi Jadi Salah Satu Penyebab

Alasannya, selain menggunakan dana dari pemerintah pusat, revitalisasi untuk beberapa pasar lainnya sangat tidak mungkin dilakukan menggunakan APBD Bantul. Apalagi, ada kebijakan refocusing anggaran pada APBD 2021.

"Dan sejauh ini kami mengikuti Tim Anggaran Pemerintah Daerah terkait refocusing nantinya. Mau direfocusing berapa? Kami ikuti saja. Yang jelas tahun lalu, kami refocusing sekitar Rp600 juta," ucap Sukrisna.