Jalan ke Dermaga Ambles, TPST Piyungan Kembali Ditutup Warga

Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPST Piyungan, Rabu (23/12/2020). Setelah ditutup warga beberapa hari terakhir, kini TPST Piyungan dibuka kembali. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
09 Maret 2021 14:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-- Warga di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, kembali menutup lokasi pembuangan sampah, Selasa (9/3/2021).

Mereka menutup TPST yang ada di Padukuhan Ngablak, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, karena akses jalan ke dermaga sampah ambles.

Alhasil, antrean truk yang mengular sejak pagi tidak bisa masuk dan membuang sampah.

BACA JUGA: Yayasan Milik Keluarga Cendana Digugat Rp500 Miliar

Ketua Paguyuban Mardiko TPST Piyungan, Maryono, mengatakan penutupan tempat terpaksa dilakukan karena volume dermaga sampah telah penuh. Sedangkan jalan masuk, beberapa bagian ambles. Alhasil terjadi antrean truk pengangkut sampah yang cukup panjang.

"Selain itu, banyak sampah di dermaga yang tercecer usai hujan semalam. Untuk itu perlu dibersihkan dulu," kata Maryono.

Dihubungi terpisah, Kepala Balai Pengolahan Sampah TPST Piyungan, DLHK DIY, Jito mengakui jika ada penutupan sementara di lokasi tersebut. Alasannya, ada salah satu akses jalan menuju dermaga yang ambles. "Dan, amblesnya karena hujan semalam," kata Jito.

Oleh karena itu, TPST baru akan dibuka kembali Kamis (11/3/2021), usai petugas membenahi akses jalan yang ambles. Selain itu, Jito menyatakan akan ada pengurukan tanah agar truk yang terlanjur mengantri bisa segera membuang sampah.

"Sementara sampah yang ada kami minta disimpan di TPA-TPA kabupaten masing-masing," ungkapnya.