Di Depan Jokowi, Ini Harapan Butet dan Nini Thowok Soal Vaksinasi Covid-19

Presiden Joko Widodo menyaksikan seniman berkostum Gatot Kaca disuntik Vaksin Covid-19 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Bantul, Rabu (10/3/2021). - Ist/dok
10 Maret 2021 14:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Presiden RI Joko Widodo meminta para pekerja seni untuk tetap berkarya, meski di tengah situasi pandemi Covid-19.

Permintaan Presiden Jokowi ini disampaikan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang menyasar 517 seniman dan budayawan se-DIY di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Kasihan, Bantul, Rabu (10/3/2021) pagi. Tidak hanya seniman musik, mereka yang divaksin juga berasal dari seni rupa, seni tradisional hingga modern, serta lintas generasi.

“Keadaan tidak gampang bagi para pekerja seni, tetapi kita harus tetap merawat semangat agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Minta Seniman Tetap Berkarya meski Masih Pandemi Covid-19

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta kepada para seniman untuk tetap bisa bekarya, kendati adanya pembatasan yang ada. Presiden juga melihat vaksinasi yang dijalankan kali ini diharapkan mampu menjadi tameng bagi para seniman, serta mengurangi kekhawatiran dari paparan virus saat mereka terus menggali kreativitas.

“Kita harapkan para seniman, pekerja seni semuanya bisa terlindungi dari Covid," lanjutnya.

Presiden Jokowi tiba di PSBK pada pukul 09.30 WIB. Mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, celana kain hitam dan sneakers hitam kombinasi putih, Presiden Jokowi datang bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Pangdam Diponegoro dan Kapolda DIY.

Baca juga: Ingat! Hal Ini Bisa Dilakukan dan Dilarang setelah Vaksinasi Covid-19

Sesampai di lokasi, Jokowi langsung disambut Butet Kartaredjasa, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kapolres Bantul dan Dandim 0729/Bantul. Mereka langsung masuk dan menyaksikan vaksinasi.

Ketua Yayasan PSBK, Butet Kartaredjasa, mengatakan vaksinasi yang digelar dibagi menjadi 2 gelombang, yakni pagi dan siang. Adapun nama-nama seniman dan budayawan yang masuk dalam daftar penerima vaksin di antaranya Joko Pekik, Kartika Affandy, Ashadi Siregar, Romo Sindhunata, Ugo Untoro, Hanung Bramantyo, Marzuki (Kill the DJ) dan Agus Noor.

“Harapannya semua pulih, sehat dan produktif kembali. Saya senang sekali kawan-kawan seniman mau disuntik vaksin, itu menandakan kawan-kawan solider pada semangat kemanusiaan untuk menyelamatkan kehidupan bersama. Itu yang terpenting,” kata Butet.

Sementara salah satu penerima vaksin yakni seniman tari Didik Nini Thowok menilai vaksinasi kali ini sangat penting bagi seniman. “Mudah-mudahan mampu mencegah dan mengurangi kemungkinanterpapar Corona. Terutama yang sepuh, lansia punya penyakit bawaan risiko tinggi. Mudah-mudahan dengan vaksin ini bisa membantu mereka lebih aman," harapnya.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengungkapkan, bagi seniman dan budayawan yang belum divaksin untuk segera menghubungi dinas kesehatan. Sebab, vaksinasi bagi seniman dan budayawan tidak hanya dilakukan kali ini saja.

“Nanti bisa hubungi dinas kesehatan. Karena ini kan hanya hanya pembukaan. Apalagi para pelaku seni yang selalu berhadapan dengn publik,” ucap Halim.