Besok Sabtu, Raja Jogja Akan Divaksin

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Selasa (3/11/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
12 Maret 2021 14:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY, Sri Sultan HB X akan segera mendapat vaksinasi Covid-19. Rencananya penyuntikan vaksin terhadap Raja Kraton Jogja itu bakal dilangsungkan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito, Sleman, Sabtu (13/3/2021).

"Besok rencanannya Pak Gubernur dan Bu Ratu [Istri Sultan, GKR Hemas] akan melaksanakan vaksinasi di Sardjito. Bersama dengan itu nanti juga dilakukan vaksinasi kepada profesor guru besar," ungkap Kepala Bagian Humas Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji kepada wartawan Jumat (12/3/2021).

Ditya menerangkan vaksinasi itu dijadwalkan mulai pada pukul 09.00 WIB. Namun kemungkinan besar Sultan tidak bisa hadir tepat waktu karena di jam yang sama harus mengikuti kegiatan Jumenengan di Kraton Jogja. Jumenengan merupakan peringatan peristiwa penobatan raja atau ratu yang sedang memerintah.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka,Cek Syarat hingga Cara Daftarnya

"Karena bersamaan dengan agenda Jumenengan kemungkinan mulai vaksinasi pukul 11.00 WIB," jelas Ditya.

Selain Sultan beserta istri dan kalangan akademisi, vaksinasi besok juga bakal diikuti warga lanjut usia (lansia), khususnya yang merupakan tokoh masyarakat. Namun hingga berita ini ditulis belum diketahui siapa saja tokoh-tokoh tersebut.

Sementara itu, Sultan kepada wartawan beberapa waktu lalu menyatakan siap mengikuti vaksinasi Covid-19 yang pada tahap kedua ini menyasar pelayan publik dan lansia. Sultan sendiri masuk kategori lansia karena umurnya sudah 74 tahun. "Ya saya ikut [divaksin]," kata Sultan di Komplek Kepatihan Pemda DIY, Februari 2021 lalu.