Bundaran Besar Malioboro Diterapkan, Pembatas Jalan Suryotomo Akan Dibongkar

Ilustrasi - Harian Jogja/Desi Suryanto
12 Maret 2021 17:17 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan membongkar pembatas jalan di Jalan Mayor Suryotomo. Pembongkaran pembatas jalan di barat Simpang Smpat Gondomanan tersebut seriring dengan pembarlakuan jalan itu menjadi satu arah sebagai bagian dari bundaran besar Malioboro, dari mulai Jalan Suryotomo-Jalan Mataram-Jalan Pasar Kembang-Jalan Letjen Suprapto.

Sejumlah pohon yang ada di atas pembatas jalan juga akan dihilangkan.

BACA JUGA: Ketika Doni Monardo Kepincut Kartun Harian Jogja

“Kemarin kami baru bisa bongkar [pembatas jalan] yang ujung  Hotel Melia Purosani, meski belum optimal. Beberapa sudah kami identifikasi, semoga bisa dipercelat optimalisasi fungsi jalannya,” kata Kepala Dinas Pehubungan Kota Jogja, Agus Arif Nugroho, saat dihubungi Jumat (12/3/2021).

Agus mengatakan optimalisasi jalan searah di Jalan Suryotomo, Jalan Mataram, Jalan Pasar Kembang sampai Jalan Letjen Suprapto melibatkan banyak pihak. Dishub Jogja sudah membicarakan rencana tersebut dengan Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Perumikiman, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Menurut dia optimalisasi jalan sudah menjadi perhatian para pemangku kebijakan dan diharapkan ada tindakan mulai dari pembongkaran pembatas,  pemindahan pohon, dan penyesuaian titik-titik taman, “Itu sudah kami identifikasi untuk nanti menjadi rencana kerja masing-masing orgnisasi perangkat daerah [OPD],” kata Agus.

Agus belum bisa memastikan apakah optimalisasi jalan searah tersebut dapat dieksekusi dalam waktu dekat ini, karena keuangan daerah masih fokus untuk penanganan Covid-19 termasuk vaksinasi dan sebagainya.