Ribuan Guru di Sleman Divaksin Covid-19

Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
12 Maret 2021 18:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemberian vaksinasi tahap kedua bagi petugas publik terus dilakukan. Kini, ribuan guru di Sleman menjalani proses vaksinasi Covid-19.

Pemberian vaksinasi Covid-19 bagi kalangan guru ini dilakukan setelah sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan vaksin kepada petugas keamanan (TNI/Polri), ASN di lingkungan pemerintahan, para pamong kalurahan dan tokoh masyarakat.

Untuk sektor pendidikan, Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo, vaksinasi diberikan bagi para guru sejak 9 Maret lalu dan rencananya berlangsung hingga 20 Maret mendatang. "Vaksinasi terhadap sektor pendidikan, sudah mulai dilakukan sejak Selasa (9/3/2021) lalu. Pemberian vaksin dilakukan di 25 Puskesmas," kata Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo, Jumat (12/3/2021).

Dinkes masih menghimpun data jumlah guru yang sudah divaksin. Untuk sementara, data penerima vaksin masih berada di masing-masing Puskesmas. Berdasarkan data Dinkes, jumlah pendaftar tenaga pendidik di Sleman untuk menerima vaksin sebanyak 16.458 orang.

"Untuk dosen-dosen pada saatnya juga menjadi sasaran vaksinasi tetapi belum tahu apakah masuk kuota vaksin yang ada di kabupaten atau provinsi," ujar Joko.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman, Novita Krisnaeni mengatakan sasaran vaksinasi di sektor pendidikan ditujukan bagi ASN di seluruh sekolah. Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK baik guru, administrasi, dan seluruh sivitas sekolah tersebut. Pelaksanaan vaksinasi bertempat di Puskesmas wilayah sekolah sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Yang dimaksud dengan pendidik adalah semua yang terlibat dalam proses pendidikan, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK. Untuk pelaksanaannya bisa di Puskesmas wilayah sekolah," jelas Novi.

Novi mengingatkan agar masyarakat maupun calon penerima vaksin tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan CITA MAS JAJAR (Mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir/ handsanitizer, Memakai Masker, dan Menjaga jarak). “Selama program vaksinasi berlangsung masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan CITA MAS JAJAR untuk memutus rantai penularan Covid-19," tegas Novi.