Vaksin Covid-19 Mulai Sasar Anggota DPRD DIY

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada anggota DPRD DIY di Gedung DPRD DIY, Kota Jogja, Jumat (12/3/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
13 Maret 2021 08:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Program vaksinasi Covid-19 tahap kedua di DIY masih terus berjalan. Sejumlah kalangan pun telah mendapat vaksin, salah satunya para anggota DPRD DIY.

Pemberian vaksin kepada legislator itu dilangsungkan di Komplek Gedung DPRD DIY, Jumat (12/2/2021). Kegiatan ini diikuti seluruh anggota dewan yang berjumlah 55 orang.

Berbeda dengan vaksinasi yang dilakukan oleh anggota DPR RI pada Februari 2021 silam, kegiatan ini tidak melibatkan anggota keluarga wakil rakyat.

BACA JUGA : Kabar Gembira! Vaksinasi untuk Masyarakat Umum di Jogja 

"Hari ini ada 55 anggota DPRD, ditambah Direktur Utama Bank Indonesia juga ke sini buat ikut vaksin. Sedangkan keluarga anggota [dewan] tidak dilibatkan," kata Sekretaris DPRD DIY, Haryanta, saat ditemui awak media di sela-sela vaksinasi dewan, Jumat siang.

Haryanta menjelaskan keluarga anggota dewan tidak diikutsertakan dalam vaksinasi ini karena tidak masuk dalam sasaran prioritas vaksinasi tahap kedua. Seperti diketahui vaksinasi kali ini menyasar pelayan publik dan warga lanjut usia. Anggota dewan sendiri termasuk dalam pejabat pelayanan publik yang rawan terpapar covid karena memiliki mobilitas tinggi.

Haryanta mengatakan vaksinasi bagi anggota dewan ini ditargetkan rampung dalam satu hari. Dalam pelaksanaannya menurut Haryanto berjalan cukup lancar. Seluruh anggota sebelumnya sudah menyatakan siap divaksin.

BACA JUGA : Pemberian Dosis Kedua Vaksinasi Covid-19 di Jogja Digelar

Namun ada yang urung divaksin karena gagal saat proses skrining. Diketahui penyebab kegagalan itu karena yang bersangkutan memiliki tensi darah yang tinggi.  "Tadi ada beberapa yang saat diperiksa ternyata tensinya lagi tinggi, sehingga batal divaksin," ujarnya.

Terhadap anggota yang gagal skrining akan diikutsertakan dalam vaksinasi massal bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jogja Expo Center (JEC), Sleman, Senin (15/3/2021).

Bagi anggota yang berhalangan hadir, juga akan diikutsertakan dalam vaksinasi bersama anggota yang gagal skrining itu di JEC. "Jadi yang berhalangan hadir atau gagal skrining hari ini akan diikutsertakan dalam kegiatan vaksinasi massal di JEC," ujar Haryanta.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie yang turut hadir dalam vaksinasi ini berharap seluruh anggota dewan bisa mendapat vaksin sebagai upaya memperkuat daya tubuh sehingga risiko sakit karena terpapar Covid-19 dapat diminimalisir.

BACA JUGA : Ini Update Rincian Penggunaan Vaksin Covid-19 di Sleman 

"Karena memang kita melihat beliau bagian dari pelayanan publik, sehingga perlu divaksin," kata Pembajun.