Santai Tak Pakai Masker, Puluhan Orang Terjaring Razia di Pelabuhan Sadeng

Ilustrasi. - Freepik
14 Maret 2021 19:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Sedikitnya 45 orang terjaring operasi yustisia di kawasan Pantai Sadeng, Kalurahan Songbanyu, Girisubo, Minggu (14/3/2021). Operasi ini digelar sebagai upaya menegakkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Panewu Anom Girisubo, Arif Yahya mengatakan, operasi yustisi melibatkan tim gabungan dari Kapanewon Girisubo, Pos Angkatan Laut Sadeng, Polisi Air Polda DIY hingga anggota SAR Satlinmas Wilayah I DIY. Adapun lokasi berada di kawasan Pelabuhan Sadeng. “Meski hari libur, tapi razia tetap digelar karena momennya pas karena banyak orang datang ke sana [Sadeng],” kata Arif, Minggu.

Dia menjelaskan, dari operasi ini menjaring 45 orang yang tidak memakai masker. Dari jumlah tersebut, 25 orang tidak membawa sama sekali, sedangkan 20 orang lainnya membawa masker tapi tidak dipakai.

BACA JUGA: Tingkatkan Populasi Sapi, Bantul Lanjutkan Program IB di saat Pandemi

“Untuk pelanggar ada yang merupakan warga lokal, nelayan hingga pengunjung,” katanya.

Sesuai dengan aturan yang diberlakukan di Gunungkidul, para pelanggar tidak dikenakan sanksi denda. Namun atas ketidakdisiplinan menjalankan protokol kesehatan, puluhan warga diberikan sanksi peringatan dan diminta menghaplan dasar Negara Pancasila hingga hukuman push-up.

“Mereka juga kami data,” kata Arif.

Selain menjaring puluhan orang tidak memakai masker, tim gabungan juga menemukan warung makan yang belum menyediakan fasilitas cuci tangan untuk pengunjung. Menurut dia, para pemilik diminta segera menyediakan fasilitas tersebut untuk mendukung dalam upaya menjalankan protokol kesehatan. “Sudah kami minta dan mudah-mudahan fasilitas cuci tangan segera dipasang,” imbuhnya.