Advertisement

Santai Tak Pakai Masker, Puluhan Orang Terjaring Razia di Pelabuhan Sadeng

David Kurniawan
Minggu, 14 Maret 2021 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Santai Tak Pakai Masker, Puluhan Orang Terjaring Razia di Pelabuhan Sadeng Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Sedikitnya 45 orang terjaring operasi yustisia di kawasan Pantai Sadeng, Kalurahan Songbanyu, Girisubo, Minggu (14/3/2021). Operasi ini digelar sebagai upaya menegakkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Panewu Anom Girisubo, Arif Yahya mengatakan, operasi yustisi melibatkan tim gabungan dari Kapanewon Girisubo, Pos Angkatan Laut Sadeng, Polisi Air Polda DIY hingga anggota SAR Satlinmas Wilayah I DIY. Adapun lokasi berada di kawasan Pelabuhan Sadeng. “Meski hari libur, tapi razia tetap digelar karena momennya pas karena banyak orang datang ke sana [Sadeng],” kata Arif, Minggu.

Advertisement

Dia menjelaskan, dari operasi ini menjaring 45 orang yang tidak memakai masker. Dari jumlah tersebut, 25 orang tidak membawa sama sekali, sedangkan 20 orang lainnya membawa masker tapi tidak dipakai.

BACA JUGA: Tingkatkan Populasi Sapi, Bantul Lanjutkan Program IB di saat Pandemi

“Untuk pelanggar ada yang merupakan warga lokal, nelayan hingga pengunjung,” katanya.

Sesuai dengan aturan yang diberlakukan di Gunungkidul, para pelanggar tidak dikenakan sanksi denda. Namun atas ketidakdisiplinan menjalankan protokol kesehatan, puluhan warga diberikan sanksi peringatan dan diminta menghaplan dasar Negara Pancasila hingga hukuman push-up.

“Mereka juga kami data,” kata Arif.

Selain menjaring puluhan orang tidak memakai masker, tim gabungan juga menemukan warung makan yang belum menyediakan fasilitas cuci tangan untuk pengunjung. Menurut dia, para pemilik diminta segera menyediakan fasilitas tersebut untuk mendukung dalam upaya menjalankan protokol kesehatan. “Sudah kami minta dan mudah-mudahan fasilitas cuci tangan segera dipasang,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement