Almarhum Zarkowi Soejoeti Pernah Menjabat Dubes Indonesia untuk Arab Saudi

Foto almarhum Zarkowi Soejoeti. - Ist.
15 Maret 2021 13:47 WIB Sunartono & Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Ayahanda Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti, almarhum Zarkowi Soejoeti semasa hidupnya pernah menduduki jabatan penting, salah satu sebagai Duta Besa Indonesia untuk Arab Saudi. Zarkowi Soejoeti meninggal dunia pada Senin (15/3/2021) pada usia 87 tahun.

Mendiang memiliki peran penting terhadap khasanah keislaman di Indonesia. Ia pernah aktif di PP Muhammadiyah hingga Majelis Ulama Indonesia serta memberikan ceramah agama di wilayah DIY. Selain itu pernah menduduki jabatan penting, salah satunya Dubes Indonesia untuk Arab Saudi pada periode 1997 hingga 1999.

Almarhum merupakan Dubes Indonesia untuk Arab Saudi yang ke-13 dengan masa jabatan antara 1997 hingga 1999. Merupakan dubes yang menjabat pada masa transisi antara orde baru menuju reformasi.

BACA JUGA : Zarkowi Soejoeti Ayahanda Wali Kota Jogja Meninggal Dunia

Ia termasuk aktif di beberapa organisasi sosial maupun keagamaan. Pernah menjabat sebagai Ketua Pemuda Muhammadiyah Cabang Bantul, Ketua Muhammadiyah Daerah Serang, Anggota Pengurus MUI pada 1980, Penasihat MUI Jawa Tengah periode 1985 hingga 1990. Selain itu pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pengawas Baitul Mal PP Muhammadiyah periode 1996-1997.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Harianjogja.com, Zarkowi Soejoeti meninggal dunia pada pukul 09.00 WIB di RS Jogja pada usia 87 tahun. Jenazah disemayamkan di Rumah Duka Wali Kota Jogja Jalan Ipda Tut Harsono No. 4 Kota Jogja.

“Rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Bejen, Bantul. Berangkat dari rumah duka pada hari Senin 15 Maret 2021 pada pukul 15.00 WIB,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Jogja Tri Hastono, Senin (15/3/2021).

“Kami mengucapkan bela sungkawa atas wafatnya almarhun,” ujarnya.

Almarhum pernah mengikuti sejumlah pendidikan di luar negeri antara lain di Vrije Universiteit Amnsterdam Belanda, Methods Management di ITC Australia dan Strategic Management ITS, Australia. Pendidikan di Indonesia ditempuh di Sekolah Rakyat Bantul, SMP 1 Bagian B Negeri Yogyakarta SMA B Negeri Yogyakarta dan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.