Advertisement

Langgar Aturan, Ratusan Hotel di Jogja Belum Berlangganan Air PDAM

Ujang Hasanudin
Selasa, 23 Maret 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Langgar Aturan, Ratusan Hotel di Jogja Belum Berlangganan Air PDAM Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Jogja dan PDAM Tirta Sembada Sleman meminta kepada para pengelola hotel untuk berlangganan air PDAM. Pasalnya masih banyak hotel di Jogja dan Sleman belum berlangganan air PDAM meski sudah ada peraturan daerah (Perda).

Misalnya di Jogja dari sekitar 700-an hotel yang berlangganan air PDAM baru sekitar 200an hotel. Padahal kewajiban pengelola hotel dan penginapan untuk berlangganan air PDAM sesuai dengan Peraturan Wali Kota Jogja atau Perwal Nomor 3 Tahun 2014 tentang Penyediaan Air Baku Usaha Perhotelan di Kota Jogja. Demikian juga di Sleman yang baru tersambung jaringan air PDAM baru sekitar 49 hotel.

Advertisement

Kondisi tersebut diungkapkan oleh Direktur PDAM Tirtamarta Jogja, Majiya dan Direktur Utama PDAM Tirta Sembada Sleman, Dwi Nurwata dalam Talk Show Hari Air Sedunia bersama Harian Jogja yang digelar secara daring, Selasa (23/3/2021).

BACA JUGA: Polri Resmi Luncurkan Tilang Elektronik Tahap I, 244 CCTV Dipasang di Indonesia

Majiya mengatakan PDAM terus berupaya melakukan edukasi kepada para pengelola jasa perhotelan agar memanfaatkan air PDAM melalui kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU). Selain itu pihaknya juga bekerjasama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terkait izin perpanjangan operasional hotel yang salah satunya harus berlangganan air PDAM.

“Sesuai Perwal 2014 hotel wajib menggunakan air PDAM. Apabila tidak gunakan air PDAM Dinas Perizinan [DPMPTSP] tak akan keluarkan izin hotel,” kata Majiya.

Selain kerja sama dengan Pemerintah Kota Jogja, PDAM Tirtamarta juga juga membangun komunikasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) agar PHRI ikut membantu mengkomunikasikan terkait penggunaan air baku PDAM untuk perhotelan atau penginapan. Pihaknya menargetkan setiap tahun ada penambahan sambungan air PDAM untuk perhotelan.

“Insyaallah 2-3 tahun ke depan minimal 50% [hotel berlangganan air PDAM]. Rata-rata pertahun ada penambahan 20an hotel,” ujar Majiya.

Direktur Utama PDAM Tirta Sembada Sleman, Dwi Nurwata juga terus berupaya melakukan MoU tentang penggunaan air PDAM untuk perhotelan baik hotel baru maupun hotel lama. Hanya kendalanya kapasitas air yang dimiliki Tirta Sembada yang belum memadai. Namun tahun ini PDAM Tirta Sembada mendapatkan tambahan pasokan air dari Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Regional yang dikelola Pemda DIY sehingga tidak ada alasan pengelola hotel tidak berlangganan air PDAM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement