The Milestone, Kolaborasi Pameran Seni Terbesar Tahun Ini

Pengunjung menyaksikan pameran The Milestone, di ARTOTEL Yogyakarta, Kamis (25/3/2021).-Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
25 Maret 2021 20:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—ARTOTEL ARTSPACE bekerja sama dengan LABX Galery mempersembahkan pameran seni gabungan sebagai sebuah kolaborasi terbesar di awal 2021 dengan judul "The Milestone". Pameran dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno secara virtual pada Kamis (25/3/2021).

Sandiaga menyambut baik gelaran pameran ini, yang dapat menjadi wadah berkarya seniman lokal. “Harapannya bisa membawa seniman lokal ke panggung internasional. Pameran ini juga sebagai titik balik para seniman untuk berkarya di masa pandemi,” ucap Sandiaga.

LABX Galery yang menyelenggarakan pameran kali ini merupakan wadah khusus bagi seniman atau creator untuk mengembangkan karya seni, baik melalui kolaborasi maupun acara-acara seni lainnya. Pameran seni kali ini menampilkan 11 seniman berbakat Indonesia yang namanya sudah tak asing lagi, diantaranya, Aly Waffa, AT Sitompul, Bagus Triono, Bahaudin, Choirudin, David Rivaldo, Imelda Adams, Kadafi GK, Lucia Hartini, M.A Roziq dan Valentino Febri.

Pengertian Milestone sebagai judul pameran ini diartikan dalam Bahasa Indonesia sebagai tolok ukur capaian atau tonggak capaian, Milestone menjadi tema pameran kali ini karena karya-karya yang ditampilkan adalah karya penting atau karya bersejarah dari masing-masing seniman selama berkarya dan berkarir diblantika dunia seni. Masing-masing seniman memberikan dua karya seni mereka yang ditampilkan di Jakarta dan di Yogyakarta. Pameran ini terbuka untuk umum dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dari Kamis (25/3/2021) – Selasa (25/5/2021) di ARTSPACE ARTOTEL Thamrin, Jakarta, dan ARTOTEL Yogyakarta.

“LABX Gallery adalah inisiasi kami dalam mengembangkan potensi seniman lokal disaat masa pandemi, dimana kami bekerjasama dengan ARTOTEL Group membuat pameran The Milestone. Semoga pameran ini bisa menjadi langkah awal mewujudkan visi dan misi kami untuk membawa nama para seniman lokal menuju ke panggung internasional,” ujar Founder LABX, Shinta Witoyo Dhanuwardoyo.

ART Director ARTOTEL Group, Windi Salomo mengatakan berkat dukungan penuh dari Kemenparekraf dapat terselenggara pameran ini dan pihaknya berharap industri kreatif Indonesia khususnya seniman Indonesia bisa kembali bangkit berkarya setelah sempat vakum selama satu tahun akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. “Dalam hal ini ARTOTEL Group juga akan terus berkomitmen untuk selalu memberikan wadah bagi seniman Indonesia dalam berkarya dan berinovasi melalui ide-ide kreatif mereka,” ujar Windi.