Vaksinasi Covid-19, Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo Terima Suntikan Dosis Pertama

Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Gedung Lama RSUD Wates pada Kamis (25/3/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
25 Maret 2021 13:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Gedung Lama RSUD Wates pada Kamis (25/3/2021) pagi sekitar pukul 07.45 WIB. Sutedjo dan Fajar Gegana menerima vaksin Covid-19 tahap kedua dosis pertama beserta istri.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan dirinya antusias untuk mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo. Meskipun, pada awal-awal penerapan vaksinasi Covid-19, ia belum memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19 karena berusia di atas 60 tahun.

"Hari ini saya menjalaninya [vaksinasi Covid-19 dosis pertama] sesuai jadwal yang diberikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo. Saya langsung ikut kegiatan vaksinasi setelah ada kebijakan jika lansia sudah bisa divaksin," ujar Sutedjo saat dikonfirmasi pada Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Jokowi: Covid-19 Akan Mental Jika 70 Persen Warga Sudah Divaksin

Orang nomor satu di Kulonprogo ini juga mengaku tidak ada persiapan khusus sebelum hari H pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua dosis pertama terhadap dirinya.

"Tidak ada persiapan khusus sebelumnya. Sesuai skrining awal, dokter menyatakan memenuhi syarat dan berjalan dengan lancar serta tidak merasakan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) setelah divaksin," terang Sutedjo.

Mantan Wakil Bupati Kulonprogo ini juga mengharapkan agar semua lapisan masyarakat di Bumi Binangun bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Walaupun, hal tersebut juga dilihat berdasarkan ketersediaan atau kuota vaksinasi Covid-19 yang diterima oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Sementara itu, Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan dirinya harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum menerima vaksin Covid-19 tahap kedua dosis pertama pada Kamis (25/3/2021).

Pasalnya, saat pemberian vaksin Covid-19 secara perdana di Kulonprogo pada 29 Januari 2021 silam, dirinya tidak memenuhi syarat untuk menerima vaksin.

"Oleh karena itu, saya harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan menjaga kesehatan dan mengatur pola makan saya. Saya juga tidak merasakan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) setelah divaksin," ungkap Fajar.

Lebih lanjut, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua di RSUD Wates juga berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh orang nomor dua di Kulonprogo tersebut sudah berjalan dengan baik.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo maupun RSUD Wates telah menjalankan protokol pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan maksimal dan tidak melupakan protokol pencegahan penularan Covid-19.

"Namun demikan, perlu adanya evaluasi dari segi waktu ketika proses assesment tiap calon penerima vaksin Covid-19 agar tidak terjadi antrean yang akhirnya hingga mengular panjang. Seperti menambah petugas pelayanan vaksinasi," tutup Fajar.