Posko SAR Pantai Parangtritis Dibangun Tiga Lantai

Peletakan batu pertama pembangunan Posko SAR Pantai Parangtritis oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, Kasat Pol PP DIY, Noviar Rahmad, Sabtu (27/3/2021). - Ist/dok Humas dan Protokol Pemkab Bantul
28 Maret 2021 12:57 WIB Jumali Bantul Share :

Hariajogja.com, BANTUL - Pembangunan Posko SAR Satlinmas Wilayah III Bantul (SAR Pantai Parangtritis) resmi dimulai Sabtu (27/3/2021). Berbeda dengan posko SAR lainnya, Posko yang ada di Pantai Parangtritis ini akan dibangun tiga lantai dengan anggaran menelan lebih dari Rp900 juta.

Pembangunan Posko SAR Parangtritis sendiri ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, Kasat Pol PP DIY, Noviar Rahmad serta disaksikan Danlanal Yogyakarta, Letnan Kolonel Laut (KH/W) Darmayanti, Kasat Pol PP Bantul, Dit Polair Polda DIY, Basarnas Yogyakarta serta Forkompimcam Kretek.

Kasat Pol PP, DIY Noviar Rahmad mengatakan, pembangunan posko ini sangat penting. Sebab, jumlah anggota SAR Satlinmas Wilayah III Bantul saat ini ada 60 personel. Jumlah itu masih ditambah personel dari TNI AL, Satpol PP dan Basarnas. Diharapkan usai pembangunan ini, Posko akan menjadi posko terpadu yang bisa digunakan bersama.

Baca juga: 3 Kawasan Cagar Budaya di Jateng Ditata, Ini Rinciannya

“Sehingga ketika ada kecelakaan laut, baik koordinasi maupun penanganan bisa maksimal,” kata Noviar, Sabtu (27/3/2021).

Noviar mengungkapkan, nantinya posko akan memiliki luas 368 meter persegi dan terdiri dari tiga lantai. Untuk lantai satu akan digunakan untuk penanganan korban kecelakaan laut dan garasi terbuka. Sehingga akan memudahkan akses keluar masuk dari posko saat membawa korban kecelakaan laut ke rumah sakit terdekat.

Sementara untuk lantai dua akan berisi ruangan untuk SAR Satlinmas, Satpol PP, TNI AL, Basarnas dan Dit Polair Polda DIY dan ada ruang pertemuan. Untuk lantai tiga akan difungsikan untuk penempatan peralatan EWS.

Baca juga: Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Kemenhub Siapkan Aturan Pengendalian Transportasi

“Tidak hanya peralatan EWS yang ada di lantai tiga, akan ada ruang pemantau dan landasan untuk drone," imbuhnya.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan Posko SAR Pantai Parangtritis yang telah dibangun nantinya mampu menunjang kinerja pengamanan demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung di objek wisata Pantai Parangtritis.

“Tentu saja kita menginginkan kedepan bahwa Parangtritis dan sekitarnya ini menjadi objek wisata yang paling aman, nyaman dan zero accident. Dan ini memerlukan kesigapan kita semuanya utamanya rekan-rekan yang berada di garda terdepan Sar Satlinmas Wilayah III,” kata Halim.