Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Kulonprogo Terpantau Normal

Penjual cabai rawit merah di Pasar Wates - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
30 Maret 2021 06:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

KULONPROGO—Menjelang Ramadan, stok dan harga sejumlah komoditas pokok di sejumlah pasar tradisional di Kulonprogo terpantau normal.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kulonprogo, Iffah Muffidati mengatakan berdasarkan pantauan yang dilakukan, harga sejumlah komoditas di Bumi Binangun masih normal. "Stok aman dan harga terpantau stabil," ujar Iffah saat dikonfirmasi, Senin (29/3/2021).

Pemantauan harga bahan pokok, menurut Iffah, rutin dilakukan setiap Senin dan Kamis di enam pasar yaitu Wates, Sentolo, Bendungan, Temon, Galur, dan wilayah utara yakni Pasar Nanggulan dan Girimulyo. "Kami juga menjadi salah satu anggota Tim Pengendali Inflasi daerah [TPID] yang memantau stok dan harga menjelang Ramadan. Pada Kamis [25/3] kami memantau di Pasar Bendungan," kata Iffah.

Salah satu pedagang di Pasar Wates, Tyas Widiastuti, 26, mengatakan harga sembako dan sayuran saat ini masih normal dan tak ada kenaikan harga yang cukup signifikan. "Untuk harga cabai yang sebelumnya melonjak kini justru turun," kata Tyas.

Kondisi ini berbeda dengan harga cabai yang melonjak di awal Maret. Bahkan, di Pasar Wates harga cabai menembus Rp95.000 per kilogram. Kenaikan harga cabai ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan stok dari petani.