Advertisement

Pembangunan Rel KA Bandara YIA Capai 85,59 Persen

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 31 Maret 2021 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pembangunan Rel KA Bandara YIA Capai 85,59 Persen Pembangunan Rel KA bandara YIA di kapanewon Temon, Kulonprogo, Rabu (31/3/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pembangunan jalur kereta api (KA) bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah mencapai 85,59 persen. Pelaksanaan proyek saat ini tengah fokus dalam melakukan pekerjaan pemasangan trek dan penyelesaian struktur.

PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin, mengatakan pada akhir pekan lalu ia telah melakukan pergeseran jembatan.

Advertisement

"Sudah 85,59 persen [pembangunan jalur rel KA bandara YIA]. Pekan lalu kita melakukan pergeseran jembatan PH3 dengan tipe welded through truss (WTT) 46,5 double. Dikerjakan pada minggu sejak pukul 10 sampai lima dinihari. Alhamdulillah, berjalan lancar dan selamat," ujar Dheky pada Rabu (31/3/2021).

Setelah pergeseran jembatan dilakukan, selanjutnya pekerjaan akan difokuskan kepada pemasangan trek jalur KA bandara YIA. Selain itu, penyelesaian struktur jalur KA bandara YIA juga menjadi prioritas pelaksana proyek.

Baca juga: Hasil Riset, Seperti Ini Kualitas Udara di Bioskop yang Sudah Tayangkan Film

"Kemudian, untuk pekerjaan selanjutnya kami akan fokus kepada pekerjaan pemasangan trek dan penyelesaian struktur seperti pengecoran untuk parapet, ballast tower kemudian baru bisa dilanjutkan dengan pekerjaan pengisian batu balast dan pengisian trek," ungkap Dheky.

Disinggung mengenai kontruksi jalur KA di wilayah ring satu bandara YIA, Dheky menyatakan dua lajur KA nantinya akan menghiasi bandara yang berada di wilayah kabupaten Kulonprogo ini.

"Posisinya nanti ada dua lajur. Pemasangan overkaping masuk ke wilayahnya PT Angkasa Pura I karena memang harus menyesuaikan dengan lanskap kawasan yang ada di sana," terang Dheky.

Tiang tiang di ring satu bandara pada bulan April juga ditargetkan bakal rampung dilaksanakan. Agar, pihak PT Angkasa Pura I bisa melanjutkan pembangunan overkaping di stasiun terakhir tempat pemberhentian KA bandara YIA. "Nanti rekan-rekan di angkasa pura bisa lanjut untuk pembangunan overkaping-nya," imbuhnya.

Pemasangan rel sendiri dikatakan Dheky akan dilakukan pada awal bulan April. Kontruksi rel sendiri memakai batu balast dan pemasangan rel sendiri berjumlah jalur ganda atau hulu hilir.

"Pembangunan rel direncanakan pada mulai minggu depan BH3 ke selatan sudah kita mulai pasang. Konstruksi rel sepertinya biasa. Pakai batu balast, kemudian untuk pemasangan rel jalur ganda ada hulu hilir," kata Dheky.

Baca juga: Begini Mekanisme Tilang ETLE dan Cara Membayarnya

Desain jalur KA bandara YIA juga sudah disesuaikan dengan jalur kereta api reguler atau lokomotif. Beban kereta api lokomotif diklaim dheky mampu ditopang oleh jalur KA bandara YIA.

"Desain kereta Bandara juga sudah disesuaikan dengan jalur KA reguler. Artinya dapat dilalui dengan kereta lokomotif meskipun nantinya pengoperasian menggunakan kereta rel listrik [KRL] dan kereta rel diesel [KRD]," ungkap Dheky. 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement