Bantul Kebut Persiapan Sekolah Tatap Muka

Ilustrasi. - Antarafoto
02 April 2021 22:57 WIB Others Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Sekolah tatap muka tak lama lagi bakal digelar di Bantul.

Pemerintah Kabupaten Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya mempercepat persiapan untuk melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka di sekolah.

"Sesuai dengan arahan Pak Menteri [Menteri Pendidikan dan Kebudayaan], pembelajaran tatap muka diharapkan bisa dipercepat, makanya ada istilah akselerasi PTM (pembelajaran tatap muka)," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul Isdarmoko di Bantul, Jumat (2/4/2021).

Pemerintah daerah bersama dewan pendidikan dan komite sekolah, menurut dia, menyiapkan sekolah-sekolah agar bisa memenuhi standar kesehatan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

BACA JUGA: Terapkan Prokes Ketat, Perayaan Misa Jumat Agung Berlangsung Khidmat

"Ada enam hal termasuk pemenuhan sarana kesehatan, kemudian ada akses dengan rumah sakit untuk layanan kesehatan, ada pemetaan warga sekolah, kemudian masker, thermo gun, dan juga kerja sama dengan komite," katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, pemerintah daerah melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada para guru dan tenaga kependidikan.

"Alhamdulillah Pemda Bantul sudah memulai untuk vaksinasi bagi guru-guru, mulai dari guru SD, dan sudah akan sesi kedua minggu depan," katanya.

"Jadi kita bisa segera mungkin pembelajaran tatap muka," ia menambahkan.

Isdarmoko mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada arahan mengenai pelaksanaan vaksinasi bagi peserta didik.

"Untuk anak sementara belum dilakukan, kemungkinan nanti ke depan, karena itu kan dalam rangka herd imunity [kekebalan komunal], jadi nanti semua juga. Tapi sekarang baru guru dan pendik, dari PAUD, SD, SMP, semuanya," katanya.

Sumber : Antara