Advertisement

Kampanye Vaksin Aman dan Halal Terus Dilakukan

Catur Dwi Janati
Sabtu, 03 April 2021 - 06:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kampanye Vaksin Aman dan Halal Terus Dilakukan Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kampanye vaksin aman dan halal terus digulirkan pemerintah. Di sejumlah lokasi vaksinasi, spanduk vaksin aman dan halal ditempel sebagai tagline vaksinasi. Sejumlah tokoh Islam pun turut menegaskan vaksin Covid-19 aman dan halal.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir, K.H. Haidar Muhaimin atau yang akrab disapa Gus Hendar secara tegas menyebutkan jika vaksin halal bagi umat muslim. Selain halal, Gus Hendar meyakini vaksin Covid-19 aman digunakan. "Saya juga yakin vaksin ini aman dan halal. Insyaallah tidak mendatangkan mudarat tetapi mendatangkan kebaikan untuk kita semua," katanya, Jumat (2/4/2021).

Advertisement

Gus Hendar menambahkan vaksinasi selama ibadah puasa juga tidak membatalkan puasa. Oleh karena itu, dirinya mengajak warga untuk tetap melaksanakan vaksinasi meskipun puasa. "Vaksin waktu puasa enggak apa-apa, juga tidak membatalkan," katanya.

Lebih lanjut, Gus Hendar mengajak masyarakat untuk ikut dalam vaksinasi sesuai ajakan pemerintah. Menurutnya dalam pelaksanaan vaksinasi ini pemerintah tidak asal-asalan, melainkan telah melakuka perhitungan dan juga menggandeng MUI.

Kepala Dinkes Bantul, Agus Budi Raharjo menjelaskan sesuai arahan Kemeskes, tagline Aman dan Halal dipakai dalam pelaksanaan vaksimasi. "Sesuai dengan arahan Kemenkes, tagline vaksin itu memang Aman dan Halal. Aman artinya masyarakat sudah tidak ragu lagi bahwa vaksin itu aman dan berkhasiat," ujarnya

"Aman tidak ada KIPI, sampai hari ini kami tidak ada menemukan KIPI berat. Artinya semua berjalan dengan baik. Kemudian berkhasiat karena sudah ada uji klinis dan sudah keluar dari BPOM untuk uji vaksin ini," tambahnya.

Dari aspek kehalalan, Agus menyatakan dari MUI juga telah menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 halal. "Kalau pun kemarin ada info satu jenis vaksin yang kemudian diperdebatkan tetapi intinya fatwa MUI juga sudah menyebutkan bahwa itu bisa dignakan untuk semua warga muslim. Intinya bahwa semua vaksin aman dan halal untuk disuntikkan kepada semua masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement