Pohon Tumbang Sempat Bikin Macet Jalur Jogja-Wonosari

Tim gabungan saat melakukan evakuasi pohon walikukun yang tumbang dan melintang di jalur Jogja-Wonosari, Minggu (4/4/2021). - Ist/dok Polres Gunungkidul
04 April 2021 14:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pohon Walikukun setinggi 15 meter di kawasan Hutan Wanagama, Kalurahan Banaran, Playen tumbang pada Minggu (4/4/2021) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun pohon tumbang melintang di jalan sehingga mengganggu akses pengendara di jalur Jogja-Wonosari.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto mengatakan, peristiwa ambruknya pohon walikukun terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Kebetulan pada saat kejadian, kondisi jalan sedang sepi sehingga tidak ada korban maupun kerugian material akibat peristiwa tersebut.

“Masih sepi. Jadi, pohon tumbang hanya menghambat akses bagi para pengendara di jalur Kota Jogja-Wonosari,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Baca juga: Kardus Mencurigakan Bikin Heboh Terminal Madiun

Menurut dia, usai mendapatkan laporan terkait pohon tumbang di jalur utama di wilayah Gunungkidul, tim Taruna Tangguh Bencana (Tagana) Kalurahan Gading bersama aparat kepolisian dan anggota BPBD Gunungkidul melakukan evakuasi. Proses ini membutuhkan waktu karena tingginya pohon yang ambruk sehingga jalur bisa kembali normal sekitar pukul 06.35 WIB.

“Semua berjalan dengan aman dan lancar. Tapi, akibat adanya pohon tumbang sempat membuat macet jalur Jogja-Wonosari untuk beberapa saat,” katanya.

Baca juga: 6.000 Rimbawan Perhutani Terancam Pensiun Dini, Ini Kata Serikat Karyawan

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, Suryanto meminta kepada pengendara jalan untuk berhati-hati saat berkendara. Hal tersebut dibutuhkan untuk mengurangi risiko kecelakaan maupun hal-hal yang tak diinginkan lainnya.

“Musibah bisa datang kapan saja dan tidak ada yang pernah tahu. Oleh karenanya, harus berhati-hati dan selalu waspada,” katanya.