58 Baliho di Bantul Dipastikan Memiliki IMB

Ilustrasi. - Antara
06 April 2021 09:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Robohnya sejumlah baliho di berbagai wilayah di DIY saat hujan disertai angin kencang membuat pengelolaan dan pengawasan baliho jadi sorotan. Di Bantul, belum ditemukan baliho yang ambruk saat hujan angin pekan lalu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Bantul, Sri Muryuwantini mencatat beberapa baliho memang telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Tercatat lebih dari 50 baliho telah memiliki IMB. "Yang punya IMB ada 58," tuturnya pada Senin (5/4/2021).

Sementara itu dijelaskan Muryuwantini sejumlah reklame pun telah mengantongi izin. "Yang punya izin penyelenggaraan reklame ada 34," ujarnya.

Namun saat ditanya berapa jumlah baliho reklame tak berizin, Muyuwantini hanya memiliki catatan baliho dan reklame yang berizin. "Sesuai tugas dinas kami, kami hanya punya data yang berizin," tegasnya.

Manajer Pusdalops BPBD Bantul, Aka Lukluk Firmansyah menyampaikan pada kejadian hujan dan angin pekan lalu tak ditemui adanya baliho atau reklame yang ambruk. Kendati demikian tercatat 11 pohon tumbang di Bantul. "Kalau baliho sepertinya tidak ada," katanya.