Catat! 27 Mei Seratusan Lukisan Karya Seniman Malam Jumat Kliwon Dipamerkan di YIA

Seniman lukis Malam Jumat Kliwon (MJK) Wahono saat berkunjung ke Griya Harian Jogja, Rabu (7/04/2021). - Harian Jogja
07 April 2021 17:27 WIB Anton Wahyu Prihartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Puluhan seniman lukis Malam Jumat Kliwon (MJK) akan memamerkan seratusan karya mereka di Yogyakarta International Airport (YIA). Pameran lukisan bertajuk “Move On Bareng Malam Jumat Kliwon” tersebut akan dihelat pada 27 Mei-27 Juni mendatang.

“Setidaknya akan ada 100 karya seniman anggota MJK yang akan dipamerkan di YIA. Saya kira ini kesempatan yang bagus untuk para seniman MJK maupun para kolekter untuk memanfaatkan momentum ini,” ujar Ketua MJK, Andi Wahono saat berkunjung ke Griya Harian Jogja, Rabu (7/04/2021).

Menurut Andi acara ini didukung penuh oleh Angkasa Pura I selalu pengelola YIA. Bahkan, Angkasa Pura I sangat mensupport acara yang dilakukan seniman MJK.

Baca juga: Pemkab Sleman Pastikan Penyaluran BBM dan Elpiji di Kawasan Wisata Kaliurang Aman

“Para seniman selama pandemi ini jarang memamerkan karyanya. Kalaupun pameran lebih banyak secara virtual. Jadi ini merupakan kesempatan yang bagus bagi para seniman untuk tampil,” ujar Andi.

Acara ini juga merupakan kesempatan yang bagus bagi para kolektor untuk memiliki karya para seniman MJK. Karya seniman MJK sudah banyak dikoleksi para kolektor luar negeri seperti Singapura dan negara di Eropa. Masyarakat yang ada di bandara pun juga bisa menikmati karya-karya seniman MJK sebagai ajang hiburan.

“Saat menunggu pesawat, atau karena pesawatnya delay, maka bisa refreshing menikmati lukisan di sekitar ruang tunggu,” imbuh Andi.

Baca juga: Berawal dari Transaksi Narkoba di Terminal Kenteng, 3 Pelayan Kafe Ditangkap

Para seniman MJK yang akan pameran antara lain Danny King, Topan Siregar, Wisnu, Andi Wahono dan puluhan seniman lainnya. “Mereka akan memamerkan karya terbaiknya,” kata Andi.

Anggota MJK lainnya, Danny King menambahkan melalui pameran ini bisa memberikan output positif bagi masyarakat dan juga para seniman sendiri. Dengan pamaran ini, MJK bisa hadir dengan hiburan visual di bandara. “Ini sinergi yang bagus antara seniman MJK dengan Angkasa Pura,” ungkap Danny King.

Acara ini diinisiasi oleh Dini Production. Direktur Dini Production Taufiq Ridwan mengatakan pameran lukisan di YIA merupakan momentum yang bagus bagi masyarakat khususnya para kolektor. “Di MJK ada pelukis-pelukis yang hebat yang karyanya sudah dikoleksi orang-orang Eropa. Ini momentum yang bagus untuk memiliki lukisan karya para seniman MJK,” kata Taufiq.

Sebelum pameran di YIA akan dilakukan “flash sale” lukisan seniman MJK di Kopikuden, Piyungan pada pekan ini. Hasil penjualan lukisan akan digunakan kepentingan sosial. Jadi akan ada 30 lukisan yang bisa dimiliki masyarakat atau para kolektor. Jangan sampai dilewatkan, silakan diborong,” ungkap Taufiq.