Materi Sempat Dibahas di Zoom dengan Siswa, Awal Mula Kebocoran Soal ASPD di SMPN 4 Depok Sleman

Ilustrasi ujian sekolah - ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.\\n
13 April 2021 18:57 WIB Newswire Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Tim Pencari Fakta (TPF) membeberkan kemungkinan bocornya soal untuk asesmen standar pendidikan daerah (ASPD) Matematika di SMPN 4 Depok Sleman.

Tim telah selesai melakukan investigasi. Tim dari Disdikpora DIY ini memberikan rekomendasi agar kepada kepala sekolah dan guru diberiksan sanksi.

Berdasar temuan tim investigasi, diketahui Kepala Sekolah SMPN 4 Depok melakukan pelanggaran pakta integritas dengan mengirimkan paket 1 soal Matematika ASPD kepada guru mata pelajaran Matematika.

Hal tersebut menjadi awal mula tersebarnya soal kepada siswa kelas 9 SMPN 4 Depok. Bahkan materi ini sempat dibahas dalam pendalaman materi lewat zoom bagi siswa.

BACA JUGA: Semua Sekolah di DIY Akan Dibuka Mulai Juli

Atas temuan ini, TPF merekomendasikan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman untuk menonaktifkan kepala sekolah serta guru Matematika. Alasannya keduanya melanggar pakta integritas dan kode etik pendidikan.

Menanggapi rekomendasi tersebut, Kepala Disdik Sleman Ery Widaryana mengatakan, dinas akan membentuk tim adhoc untuk menyimpulkan dan memutuskan terkait permasalahan yang ada.

Saat ini mereka masih menunggu rekomendasi tertulis dari tim pencari fakta. “Kita menanti dulu sambil membentuk tim Adhoc beranggotakan instansi terkait di pemerintahan. Kalau harus non aktif, kita lakukan sampai ada rekomendasi akhir seperti apa. Kita melihat perkembangan kedepan, ini kan baru awal dan nanti laporan rekomendasi akhir setelah selesai,” katanya, Selasa (13/4/2021).

Sementara itu, Sekda Sleman Harda Kiswaya mengatakan, untuk dugaan kebocaan tersebut masih menunggu tim dari pemda DIY. Jika terbukti bersalah akan memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Kepala sekolah akan dicopot dari jabatannya dan guru akan dinonfungsikan. Tapi bila tidak terbukti akan dipulihkan. “Kami masih menunggu hasilnya,” katanya.

Menurut Harda kejadian ini baru pertama kali dan diharapkan tidak terjadi lagi di Sleman. Sehingga akan dijadikan pembelajaran untuk peningkatan kualitas pendidikan di Sleman

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul "Dugaan Kebocoran ASPD Matematika di SMPN 4 Depok Sleman, Kepsek dan Guru Terancam Dicopot".

Sumber : iNews.id