Program Jaksa Masuk Sekolah Kini Menyasar Perguruan Tinggi

Ilustrasi hakim - Okezone
13 April 2021 09:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Kejaksaan Negeri Gunungkidul memastian program Jaksa Masuk Sekolah juga menyasar ke bangku perkuliahan. Salah satunya dilaksanakan di Universitas Gunungkidul pada Senin (12/4/2021).

Kepala Seksi Intel, Kejari Gunungkidul, Indra Saragih mengatakan, program Jaksa Masuk Sekolah merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Untuk program di 2021 ada empat kali penyelenggaraan sosialisasi hukum di dunia pendidikan.

“Tahun ini ada yang beda karena untuk pertama dilakukan di Universitas Gunungkidul sehingga sosialisasi menyasar kepada para mahasiswa,” kata Indra, Senin (12/4/2021).

BACA JUGA : JAKSA MASUK SEKOLAH : Kejati DIY Akan Miliki Sekolah 

Selain di Universitas Gunungkidul, sosialisasi juga sudah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ponjong. Rencananya, dua program sisa dari Jaksa Masuk Sekolah akan dilaksanakan usai Lebaran. “Masih jalan dan nanti dilanjutkan setelah Lebaran,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan sosialisasi di bangku perkuliahan, Indra mengakui materi yang diberikan berkaitan dengan Undang-Undang no.16/2004 tentang Kejaksaaan RI. Selain itu, ada juga berkaitan tentang tindak pidana korupsi seperti yang tertuang dalam Undang-Undang No.31/1999. “Kami juga sampaikan Undang-Undang No.36/2009 tentang Kesehatan,” katanya.

BACA JUGA : Jaksa Masuk Desa dan Sekolah untuk Perdalam Sosialisasi

Ia berharap, program Jaksa Masuk Sekolah bisa memberikan pemahaman hukum bagi para siswa dan mahasiswa yang merupakan generasi muda bisa terhindar dari permasalahan hukum. “Kami terus berusaha meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat. Selain Jaksa Masuk Sekolah, kami juga ada Jaksa Jaga Desa,” katanya.