Pemda DIY Sedang Persiapkan Konsep Aerotropolis di Sekitar Bandara YIA

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji-Harian Jogja - Lugas Subarkah
14 April 2021 18:07 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY masih mempersiapkan konsep aerotropolis city atau kota bandara sekitar Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo untuk megantisipasi dampak perkembangan bandara dari sisi ekonomi, pariwisata, dan sosial.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan aerotropolis city penting untuk mengantisipasi perkembangan karena dampak adanya bandara, kemudian akan muncul bangunan baru dan aktivitas baru. Konsep pengembangan wilayah yang harus tertata dan terkonsep di sekitar sebuah bandara.

BACA JUGA: Semua Jalur Masuk DIY Dijaga 24 Jam untuk Halau Pemudik, Bagaimana dengan Pelaju?

“Setiap pembangunan infrastruktur di dalamnya harus benar-benar dikonsep dari awal, Baskara Aji, di Kepatihan, Rabu (14/4/2021).

Agar kemunculan bangunan baru bidang ekonomi, pariwisata dan sekitarnya itu terkendali maka butuh konsepnya, “Desain itu dari sisi kemanfaatan misalnya kawasan bisnisnya dimana, kawasan pendidikan dimana, kawasan perhotelan dimana itu penting,” kata dia.

Baskara Aji menyatakan Pemda DIY mendukung sepenuhnya pembangunan sekitar bandara termasuk pembangunan aerocity-nya, namun pihaknya juga telah mengkonsep aerotropolis-nya, “Supaya tidak terkejut kalau tidak dipersiapkan anti perkembangan tidak terkendali,” tandas Baskara Aji.