Pekan Pertama Puasa, 6 Kecamatan di Sleman Masuk Zona Merah, Ini Daftarnya!

Ilustrasi. - Freepik
18 April 2021 15:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Upaya Pemkab Sleman untuk terus menurunkan kasus Covid-19 mulai membuahkan hasil. Setelah sebelumnya 13 kapanewon masuk zona merah saat ini berdasarkan update peta epidemiologi Covid-19, hanya enam kapanewon yang masuk zona merah.

Dalam peta zonasi terbaru menggambarkan masih terjadi penularan di sebagian besar wilayah kapanewon dibanding periode sebelumnya. Kapanewon dengan zona merah menurun dari sebelumnya 13 kapanewon turun menjadi 6 kapanewon. Meliputi Kapanewon Tempel, Gamping, Depok, Ngaglik, Kalasan, dan Cangkringan.

"Ya ada perbaikan zonasi walaupun tidak ada kapanewon dengan kategori kuning dan hijau. Peta epidemologi Covid-19 ini sangat dinamis sesuai dengan tingkat penyebarannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo, Minggu (18/4/2021).

Adapun 11 kapanewon lainnya masuk zona oranye. Meliputi, Kapanewon Moyudan, Seyegan, Mlati, Berbah, Sleman, Turi, Pakem, Godean, Minggir, Prambanan dan Ngemplak.

BACA JUGA: Presentasi Dua Menit Anies Mampu Pengaruhi Sekjen PBB

Untuk terus menekan laju penularan Covid-19, Joko berharap agar Satgas Penanganan Covid-19 di wilayah agar terus memerhatikan Instruksi Bupati Sleman No.8 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro.

Dinkes, lanjut Joko, akan terus mendorong dan mengharapkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai Perbup No.37.1 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

"Oleh sebab itu seluruh masyarakat diminta disiplin terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terutama dengan Cita Mas Jajar, mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak minimal 1,5 meter," katanya.

Saat ini, masyarakat tengah menjalani ibadah puasa dengan berbagai kegiatan sosial keagamaan. Mulai kegiatan solat berjemaah hingga pasar-pasar tiban Ramadan menjelang buka puasa. Joko berharap agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.