Sebagian SD & SMP Jogja Mulai Pembelajaran Tatap Muka Awal Mei

Siswa mengikuti Asesmen Nasional (AN) di SMPN 5 Jogja, Gondokusuman, Kota Jogja, Senin (5/4/2021). - Antara/Hendra Nurdiyansyah
23 April 2021 14:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk SD dan SMP pada awal Mei 2021. Ada lima sekolah dari SD dan SMP yang akan menjadi percontohan.

"Rencana Senin (26/4/2021), kami menghadap Wakil Wali Kota Jogja, untuk melaporkan teknis pelaksanaanya," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Jogja, Dedi Budiono, Jumat (23/4/2021).

BACA JUGA: Di Lapangan Parkir, Pengantin Baru India Dikremasi Massal Bersama Puluhan Jenazah Covid-19

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, sembari menunggu pelaksanaan PTM jenjang SD dan SMP, Pemerintah Kota Jogja akan memantau PTM jenjang SMA dan SMK. Percobaan PTM jenjang SMA sudah berlangsung sejak 19 April 2021.  

Sebelum melaksanakan PTM dalam skala besar, Pemkot Jogja telah melaksanakan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) beberapa waktu lalu.

"ASPD sudah kami jadikan latihan juga. Kami jadikan bagian dari uji coba ketika anak keluar masuk sekolah seperti apa," kata Heroe.

Persiapan pembelajaran tatap muka di SD dan SMP di Kota Jogja sudah berlangsung sejak Desember 2020, khususnya persiapan sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan.

65 SD/MI dan 165 SMP/MTs negeri maupun swasta juga sudah melakukan persiapan pada Januari dan Maret. "Seluruhnya dinyatakan siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka," kata Heroe.