3 Perbatasan Bantul Disekat, Ini Lokasinya

Pemeriksaan kesehatan pengendara sebagai antisipasi penyebaran virus Corona. - Harian Jogja/Catur Dwi Jannati
23 April 2021 16:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menyekat tiga perbatasan menyusul larangan mudik Lebaran dari 22 April sampai 24 Mei 2021.

Ketiga titik tersebut adalah jembatan Srandakan, Sedayu, dan pertigaan Piyungan. "Nanti di tiga titik itu akan kami  screening sesuai dengan instruksi atau keputusan Menhub dan Ingub," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di ruang kerjanya, Jumat (23/4/2021).

Halim kembali mengingatkan dan mengimbau kepada warga Bantul dan masyarakat agar untuk sementara menunda  mudik. Semua itu dilakukan guna memutus rantai penularan Covid-19.

"Jadi sayangilah keluarga, sayangilah masyarakat, sayangilah diri sendiri dengan cara tidak mudik ke Bantul," ucapnya.

Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi menyatakan akan menyekat dua titik pintu masuk Bantul yakni Sedayu dan Srandakan. Saat penyekatan, akan ada pengecekan identitas pengendara baik motor maupun mobil.

"Jika ada pengendara yang ketahuan mudik, bisa juga kami putar balik. Kami akan cek kelengkapannya, apakah ada surat dalam rangka perjalanan dinas," katanya.

Selain melakukan penyekatan, pihaknya juga menyosialisasikan larangan mudik. Polres juga meminta babinkamtibmas di setiap kalurahan menyosialisasikan larangan mudik kepada masyarakat.

"Tujuannya agar warga mengingatkan saudaranya agar tidak mudik ke Bantul," katanya.