Sudah Kuras Anggaran Rp300 Miliar di Sleman & Kulonprogo, Ini Besar Biaya Pasien Covid-19 di RS

Foto ilustrasi. - Reuters
26 April 2021 21:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo membeberkan berapa biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk merawat pasien Covid-19. Ia mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan disiplin protokol Covid-19.

Sebab bila pemerintah sudah tidak mampu lagi menanggung biaya perawatan, maka biaya tersebut bakal menjadi tanggungan masyarakat yang sakit.

Joko mengungkapkan biaya rawat inap pasien Covid-19 di rumah sakit (RS) tidak murah. "Untuk satu pasien non kritikal per hari biayanya Rp7 juta per hari, untuk kritikal bisa sampai Rp15 juta per hari. Nah bagaimana kalau pemerintah tidak lagi menanggung biaya tersebut? Apakah rakyat sanggup menanggungnya?," katanya, Senin (26/4/2021).

BACA JUGA: Sepuluh SD dan SMP Kota Jogja Gelar Uji Coba PTM Akhir April

Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan Cabang Sleman, hingga 24 Maret lalu klaim biaya perawatan pasien Covid-19 yang diajukan oleh rumah sakit rujukan baik di wilayah Sleman maupun Kulonprogo sebanyak 5.770 kasus.

"Total pengajuan biaya dari 25 rumah sakit di Sleman dan Kulonprogo sampai 25 Maret kemarin lebih dari Rp300-an miliar," kata Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sleman Yuni Wibawa.