Film “Dari Jogja Kisahku Bermula” Resmi Tayang

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta resmi meluncurkan film "Dari Jogja Kisahku Bermula" pada Selasa 4 Mei 2021 di Empire XXI, Jl Urip Sumoharjo Yogyakarta. - Ist
05 Mei 2021 12:47 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Kebudayaan Kota Jogja menginisiasi produksi web series dengan judul “Dari Jogja Kisahku Bermula”. Web series ini tayang perdana dan resmi diluncurkan pada Selasa 4 Mei 2021 di Empire XXI, Jl Urip Sumoharjo Jogja.

"Dari Jogja Kisahku Bermula", berkisah tentang relasi seorang perempuan mandiri dan seorang laki-laki dari kota budaya Jogja dalam balutan romansa. Web series yang terbagi menjadi tiga bagian ini di setiap bagiannya diawali dan ditutup dengan narasi yang indah. Dialog para tokohnya memuat nilai nilai budaya lokal yang dikemas dalam suasana sehari-hari.

“Web series ini menggambarkan nilai-nilai kehidupan yang bersahaja di Jogja. Kesederhanaan, kesabaran, keramahtamahan dan sikap menghargai menghormati tanpa memandang jarak sosial,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Yetti Martanti, S.Sos., M.M.

Ia menjelaskan bahwa Jogja adalah sebuah kota yang memiliki nilai-nilai yang berakar dari kehidupan sosial dan budaya yang diyakini masyarakatnya. Salah satu nilai kebaikan yang tidak pernah hilang yaitu keramahan dan kenyamanan.

“Implementasi nilai-nilai luhur kemandirian dan kebersamaan berupaya kami bangun melalui produksi web series ini,” ujarnya.

Baca juga: Siswa PTM di DIY Akan Dites Covid-19

Muatan nilai-nilai budaya terangkum dengan baik tanpa berkesan menggurui, dengan gaya anak muda karena memang ditujukan untuk penonton muda. Melalui web series ini, penonton tidak hanya akan terhibur tetapi juga bisa menangkap nilai-nilai budaya yang berkembang di masyarakat Yogyakarta.

Web series yang disutradarai oleh Annisa Hertami ini dikemas dengan memadukan semangat generasi muda dengan warisan budaya yang ada di Yogyakarta. Lagu tema yang apik juga berhasil membawa suasana “baper” dan menghidupkan web series ini. Berjudul ‘Lepaskan Aku’. Lagu yang diciptakan oleh Kakung Triadmojo ini dibawakan seorang penyanyi disabilitas netra asal Jogja, Putri Ariani.

Kisah romansa dengan balutan kota budaya Yogyakarta. Adalah Maudy yang diperankan oleh Dilla Fadiela. Maudy digambarkan sebagai sosok perempuan mandiri ibu kota yang sangat menghormati Ibunya. Maudy memutuskan pindah ke Jogja karena permintaan ibunya. Di Jogja Maudy belajar banyak tentang karakter dan budaya orang-orang Jogja melalui beragam hal.

Sosok Bimo diperankan dengan sangat apik oleh Dena Ema Pribadi. Dena berhasil menghadirkan karakter laki-laki yang memiliki kharisma dan sopan. Karakter Ratih dimainkan dengan sangat natural oleh Ayu Prasiska. Karakter Ratih dan Bimo juga menjadi simbol anak muda Yogyakarta yang meskipun mereka gaul, tetapi ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, mereka tidak lupa dengan unggah-ungguh atau tata krama berbahasa Jawa halus. Kidung Paramadita sebagai Sheila dan Febri Rency sebagai Aditya Wisa

Sementara itu, Annisa Hertami selaku sutradara sekaligus penulis naskah menyampaikan diharapkan dari web series ini pesan-pesan tentang budaya Yogyakarta bisa sampai ke khalayak yang lebih luas khususnya bagi anak-anak muda millenial. Anak-anak muda millenial sebagai agen kebudayaan masa depan sudah seharusnya ikut menjaga dan melestarikan budaya lokal mereka ditengah terjangan arus modernitas yang semakin kuat.

Web series ‘Dari Jogja Kisahku Bermula’ sendiri dapat dinikmati melalui kanal Youtube Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta mulai tanggal 12, 13 dan 14 Mei 2021. Pada sesi peluncuran secara resmi di Empire XXI Yogyakarta pada 4 Mei 2021 selain agenda nobar juga acara buka puasa bersama. Rencananya acara ini juga diisi sesi tanya jawab bersama Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dan Ryan Wiedaryanto sebagai penggagas ide kreatif. Turut hadir dalam diskusi produser siska Raharja, sutradara Annisa Hertami dan beberapa aktor/aktris Dilla Fadiela, Dena Ema Pribadi, Ayu Prasiska, Kidung Paramadita, Febri Rency serta pendukung lainnya. (ADV)