Sultan Izinkan Warga DIY Mudik Lokal

Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Lugas Subarkah
05 Mei 2021 15:07 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X membolehkan warga DIY mudik lokal atau pulang kampung melintasi kabupaten dan kota di dalam DIY.  Namun Sultan mengingatkan agar masyarakat tidak ada kerumunan.

"Yang penting itu kerumunan dihindari. DIY berdasarkan penilaian dianggap hijau jadi dimungkinkan untuk mobilitas lokal. Kita tetap harus menggunakan masker dan cuci tangan. Berekerumun tidak boleh," kata Sultan saat ditemui di DPRD DIY, Rabu (5/5/2021).

BACA JUGA: Ada KUR Rp100 Juta Tanpa Jaminan dengan Bunga 3%! Ini Cara Mendapatkannya

Sultan meminta masing-masing lembaga membuat aturan di tempat wisata dan akomodasi wisata. Misalnya, mal ketika sudah penuh harus disetop terlebih dahulu agar orang yang di luar tidak masuk. Hal-hal semacam itu semestinya sudah bisa diantisiasi tanpa harus menunggu instruksi gubernur.

Sultan tidak ingin ada kerumunan seperti di Pasar Tanah Abang Jakarta,  beberapa waktu lalu. Menurutnya, penularan Covid-19 adalah masalah bersama sehingga semua harus saling peduli. 

Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini meminta semua kalurahan membuat surat keputusan pelibatan jaga warga dalam satgas penanganan Covid-19 karena saat ini penularan Covid-19 justru dari klaster keluarga dan tetangga.

“Sekarang problemnya itu tetangga dan keluarga, bukan orang Jakarta ke sini bawa.”