SMA Stella Duce 1 Yogyakarta Gelar Wisuda Purnasiswi

Suasana Wisuda Purnasiswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Stella Duce 1 Yogyakarta, Jumat (7/5/2021). - Ist/SMA Stella Duce 1
11 Mei 2021 06:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sekolah Menengah Atas (SMA) Stella Duce 1 Yogyakarta menggelar Wisuda Purnasiswi pada Jumat (7/5/2021). Wisuda Purnasiswi kali ini dihadiri oleh para peserta didik yang berprestasi secara akademik dan non-akademik secara luring dan diikuti oleh seluruh wisudawati secara daring melalui kanal Youtube SMA Stella Duce 1 Yogyakarta.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, C. Heri Sulistiawan, M.Pd., SMA Stella Duce 1 berhasil meluluskan 259 peserta didik pada Tahun Ajaran 2020/2021. "Yang berarti pencapaian kelulusan peserta didik tahun ini adalah 100 persen," kata Heri Sulistiawan dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (10/5/2021). 

Wisuda purnasiswi dalam masa pandemi kali ini dikemas dalam kesederhanaan, namun sarat dengan makna. Peserta didik SMA Stella Duce 1 Yogyakarta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti wisuda purnasiswi secara daring bersama orang tua/ wali dari rumah masing-masing dengan mengenakan pakaian adat. Rasa bangga dan haru terasa dalam setiap momen pengalungan samir oleh orang tua/ wali kepada para Srikandi Stece 21.

Pada kesempatan ini, Sr. Yetty CB, S.Pd., MS. Ma-Ed selaku kepala sekolah SMA Stella Duce 1 Yogyakarta mengucapkan terima kasih pada para orang tua dan para wisudawati yang telah membuat gedung biru Stece menjadi lebih ceria dan hidup dengan canda tawa. "Tiga tahun adalah masa yang singkat, namun ini waktu yang cukup untuk membentuk para Srikandi Stece 21 menjadi pribadi yang siap menghadapi berbagai tantangan," katanya. 

Sr. Yetty menutup sambutannya dengan menyerahkan kembali para Srikandi Stece kelas XII kepada orang tua, yang diwakili oleh Ivonne Clausia, ibunda dari wisudawati berprestasi. Ivonne sungguh bersyukur bahwa SMA Stella Duce 1 telah menjadikan para siswinya berkembang, mempunyai rasa percaya diri, rendah hati, menghormati orang lain, dan memiliki disiplin yang tinggi.

"SMA Stella Duce 1 Yogyakarta berhasil mempertahankan konsistensinya sebagai sekolah yang mempunyai mutu pendidikan yang baik, sehingga sekolah ini terus menjadi pilihan yang tepat untuk diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya," tutur dia. 

Dalam situasi pandemi, sekolah terus bekerja sama dengan orang tua dalam mendampingi para siswi. Sekolah bergerak cepat menyediakan fasilitas yang memadai untuk menyikapi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan membuat ruang studio multimedia, penambahan server komputer hingga saat ini sekolah memiliki 8 server, meningkatkan kualitas koneksi internet, hingga pemberian subsidi pulsa bagi para peserta didik. Para guru juga terus meningkatkan kompetensi berkaitan dengan Pembelajaran Jarak jauh sehingga materi dan pembimbingan secara daring dapat terus berjalan baik dan lancar.

Kirana Larasati, sebagai wakil wisudawati mengatakan menimba ilmu dan pengalaman di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta bagaikan tanah liat yang dibentuk menjadi vas yang berguna. Demikian pula SMA Stella Duce 1 Yogyakarta yang membentuk diri dan karakter para siswi berlandaskan nilai-nilai Tarakanita (Compassion, Celebration, Competence, Conviction, Creativity, dan Community). Nilai- nilai karakter ini telah terpatri di hati, pikiran, dan tindakan sehari-hari. Kirana menutup sambutannya dengan doa dan harapan.

“Semoga hal-hal yang telah dilalui bersama dapat menjadi batu loncatan menuju jenjang berikutnya. Semoga doa para guru dan orang tua yang mengiringi langkah kami dapat senantiasa menerangi jalan kami sehingga kamipun dapat menjadi generasi pembawa terang bagi sesama dan sekitar," tuturnya. (*)