Lebaran 2021, Basarnas Jogja Siagakan Puluhan Personil 

Suasana apel siaga kantor Basarnas Jogja belum lama ini - Ist
11 Mei 2021 21:27 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kantor Basarnas Jogja menyiagakan puluhan personil menghadapi Lebaran 2021 mendatang. Para personil tersebut disebar di sejumlah wilayah termasuk pula kawasan wisata pantai. 

Kepala Kantor Basarnas Jogja, L Wahyu Efendi mengatakan, pihaknya menyiapkan sedikitnya 74 personil menghadapi Lebaran 2021 ini. Mereka akan siaga sejak 6-21 Mei 2021.

"Rencana siaga SAR khusus Lebaran 2021 personil Basarnas melaksanakan patroli dan dibagi menjadi beberapa regu dan beberapa rute patroli mobil," jelasnya belum lama ini. 

Wahyu menerangkan, adapun rute yang ditempuh personil yakni meliputi Jogja - Tempel - Jalan Magelang - Bandara Adisutjipto - Prambanan - Ringroad - obyek wisata pantai di wilayah bantul.

Sementara untuk tim pos, Basarnas Gunungkidul akan melakukan patroli pula dengan rute Wonosari - Piyungan - Prambanan - Pantai Sdeng - Wediombo - Indrayanti dan Pantai Baron.

Baca juga: Lapan Sebut Idulfitri Jatuh pada 13 Mei 2021, Begini Penjelasannya

Sedangkan untuk Unit Siaga Kulonprogo akan melaksanakan patroli mobile dengan rute jalur Wates - Purworejo - Bandara YIA serta obyek wisata pantai yang berada di wilayah Kulonprogo.

"Selain melaksanakan patroli Basarnas juga akan siagakan personil dengan alat jetsky, beach patrol di pantai Wediombo pada H-2 dan H+2," kata Wahyu. 

Tim jetsky yang siaga di Pantai Wediombo nantinya akan berpatroli dari jalur laut ke beberapa obyek wisata di Gunungkidul bersama-sama dengan Sarlinmas wilayah 1 Sadeng.

Wahyu menambahkan, meskipun pemerintah membuat kebijakan larangan mudik untuk masyarakat, namun pihaknya tetap melaksanakan siaga SAR khusus dan akan berkordinasi dengan TNI/Polri. 

"Apabila masyarakat berkunjung ke obyek wisata pantai diharapkan tetap menaati himbauan petugas di lapangan untuk tidak bermain di laut mengingat pantai selatan DIY ini ombaknya sangat tinggi dan banyak palung yang bisa mengakibatkan wisatawan terseret ombak apabila tidak hati-hati," ujarnya.