Petugas Penyekatan Wirobrajan Putar Balik Dua Kendaraan

Petugas memeriksa di Pos Penyekatan Wirobrajan, Rabu (12/5/2021). - Istimewa
12 Mei 2021 18:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Petugas penyekatan di Wirobrajan, Kota Jogja, meminta dua kendaraan berputar balik pada Rabu (12/5/2021). Menurut Kepala Pos Penyekatan Wirobrajan, AKP Agus Hariyato, kendaraan ini hendak keluar dari Jogja menuju Ponorogo, Jawa Timur. Selain itu, ada dua pengendara dari Magelang dan Purworejo yang hendak masuk Jogja. Lantaran pengendara tidak membawa surat sehat atau negatif Covid-19, petugas memintanya untuk swab antigen di pos.

“Hari ini kendaraan yang diperiksa 31 kendaraan. Terdiri dari 23 kendaraan pribadi, tiga mobil boks, dan lima kendaraan roda dua,” kata AKP Agus, Rabu (12/5/2021).

Kendaraan yang diperiksa tetapi tetap bisa melanjutkan perjalanan yaitu kendaraan berpelat luar kota tetapi pengendaranya warga lokal. “Kalau [kendaraan] yang punya orang Jogja ya lanjut jalan,” kata AKP Agus.

Selain pos penyekatan di Wirobrajan, di Kota Jogja juga terdapat penyekatan di Gejayan. Petugas terdiri dari personel gabungan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, dan Satuan Polisi Pamong Praja. Puluhan petugas ini berjaga di pinggir dan tengah jalan untuk memantau kendaraan berpelat luar kota.

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengingat banyaknya akses menuju Kota Jogja, penyekatan ini menjadi pelapis kedua dari penyekatan yang berada di perbatasa DIY. Penyekatan di Kota Jogja tidak seketat penyekatan yang ada di perbatasan DIY.