Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Wilayah Bantul Libur Dua Hari

Ilustrasi. - Freepik
12 Mei 2021 09:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Proses vaksinasi di puskesmas di Bantul libur dua hari saat lebaran. Selain itu vaksinasi tetap bisa dilaksanakan tergantung penjadwalan masing-masing.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul yang merupakan Juru Bicara Pengelolaan Vaksin Covid-19 Bantul, Abednego Dani Nugroho menegaskan proses vaksinasi di puskesmas tetap berlangsung selain pada dua tanggal merah lebaran yakni di 13-14 Mei 2021. Hal itu dilakukan agar capaian vaksinasi dapat terus digenjot.

"Prinsipnya kita vaksinasi tidak ada jeda. Jadi seperti hari ini pun kita tetap distribusi vaksin ke puskesmas. Perkara pelaksanaan apakah nyuntik apa enggak diserahkan jadwalnya masing-masing ke puskesmas," terangnya pada Selasa (11/5/2021).

Merujuk tahun sebelumnya, disebutkan Abed puskesmas hanya libur tepat di hari lebaran dan satu hari berselang. "Pas hari libur lebaran yang dibuka hanya layanan kegawatdaruratannya, pas di tanggal merah. Kalau sama kayak tahun lalu tanggal merahnya tidak melayani vaksinasi, hanya kegawatdaruratannya," ungkapnya.

Abed menyebutkan bila pekan ini Dinkes baru saja mendapat itu tambahan 28.000 dosis vaksin untuk 14.000 sasaran. "Ini akan kita tekan untuk ngebut vaksin lansia. Prioritas paling utama lansia," tandasnya.