Advertisement

Libur Idulfitri, Pengunjung GL Zoo Mulai Meningkat

Sirojul Khafid
Jum'at, 14 Mei 2021 - 22:28 WIB
Sugeng Pranyoto
Libur Idulfitri, Pengunjung GL Zoo Mulai Meningkat Ilustrai pengunjung Gembiraloka saat sebelum pandemi Covid-19.- Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Memasuki libur Idulfitri, pengunjung Gembira Loka (GL) Zoo mulai meningkat. Menurut Manager Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan, hari pertama Idulfitri pada 13 Mei 2021, ada sekitar 400 pengunjung.

Sementara pada hari kedua sampai pukul 13.00 WIB ada 1.100 pengunjung. Sementara pada Sabtu Minggu saat Ramadan, pengunjung hanya sekitar 50 orang. Meskipun meningkat, angka 1.100 ini sama dengan pengunjung normal harian GL Zoo di kala tidak pandemi Covid-19.

Advertisement

"Hari Sabtu (15/5) dan Minggu (16/5) besok prediksinya puncak [pengunjung]. Prediksi kami bisa salah ketika aturan mudik sudah dicabut. Mungkin tanggal 17 Mei ke atas sampai akhir bulan [GL Zoo] bisa jadi sasaran pengunjung luar kota, pengunjung GL Zoo didominasi area Jawa Tengah dan sekitarnya," kata Yosi saat ditemui di GL Zoo, Jumat (14/5).

Untuk pengunjung pada liburan kali ini, belum bisa terdeteksi asal pengunjung. Pendataan hanya terkait dengan nomor kontak pengunjung. Apabila berkaca dengan libur Idulfitri sebelum pandemi, perbedaan jumlah sangat signifikan. Adapun jumlahnya sekitar 10.000 sampai 26.000 pengunjung per hari. GL Zoo sempat mencatat rekor pengunjung libur Idulfitri di angka 31.000 pengunjung.

Selama pandemi, kapasitas GL Zoo yang luasnya sekitar 20 hektare ini sebesar 2.500 pengunjung. "Persiapan barangkali terjadi lonjakan pengunjung, hampir sama dengan libur Natal dan Tahun Baru tahun lalu, kami membuka dua pintu," kata Yosi.

Selain itu, selama libur Idulfitri 13-23 Mei 2021, harga tiket naik dari Rp60.000 menjadi Rp80.000. Harga ini sebagai cara menyortir pengunjung yang benar-benar ingin berkunjung. Saat ini GL Zoo juga tidak menerima rombongan wisata dari bus atau biro perjalanan. Adapun jam kunjungan GL Zoo dari 8.30 sampai 16.00 WIB. Sejauh ini, pengelola belum menyaratkan surat negatif Covid-19 bagi pengunjung yang hendak masuk.

Salah satu pengunjung, Wawan, 27, merasa menikmati suasana GL Zoo. Pria yang tinggal di Sleman ini memanfaatkan libur Idulfitri untuk jalan-jalan. Wawan merasa protokol kesehatan (prokes) di GL Zoo sudah cukup baik.

"Prokes ketat, masuk dicek suhu segala macem, masker harus dipakai terus. Lagian enggak terlalu ramai juga," kata Wawan. "Yang baru, [hewan] meerkat. Saya suka nonton film Lion King dan ada karakter hewan meerkat-nya," katanya tentang hewan favorit di GL Zoo.

Pada Idulfitri kali ini, GL Zoo menambah koleksi hewan baru berupa 12 meerkat dan sepasang Singa Afrika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement