Kasus Covid-19 Tinggi, Rutan Wates Gelar Kunjungan Virtual

Kegiatan Salat Id di lingkungan Rutan Kelas IIB Wates, Kulonprogo, Kamis (13/5/2021). - Harian Jogja - Ist
14 Mei 2021 23:13 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wates mengadakan kunjungan virtual Lebaran bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Program ini bisa dimanfaatkan untuk ajang silaturahmi keluarga WBP saat perayaan Hari Raya Idulfitri 1442 hijriah.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wates, Deny Fajariyanto, mengatakan pelaksanaan kunjungan virtual di hari kedua Lebaran pada Jumat (14/5/2021) digelar karena kunjungan tatap muka belum bisa dilaksanakan di Rutan Wates.

"Seperti tahun sebelumnya, kunjungan tatap muka belum bisa dilaksanakan dikarenakan masih tingginya kasus penyebaran Covid-19 di Kulonprogo. Rutan Wates dari jauh-jauh hari telah mempersiapkan fasilitas guna mendukung pelaksanaan kunjungan virtual," kata Deny pada Jumat (14/5/2021).

Untuk mengoptimalkan layanan kunjungan virtual Idulfitri, Rutan Wates telah menyediakan dan memfasilitasi para warga binaan pemasyarakatan sebanyak enam buah komputer disertai webcam. Tiap komputer akan diampu oleh operator yang nantinya membantu warga binaan pemasyarakatan dalam melaksanakan video call.

"Masing-masing WBP diberikan kesempatan video call dua kali pada tanggal 13 dan 14 Mei 2021 dengan waktu 15 menit untuk setiap video call dengan keluarganya. Perlu diketahui video call Lebaran ini berbiaya Rp0 atau tidak dipungut biaya apapun," kata Deny.

Rutan Wates sebelumnya juga telah mempersiapkan kunjungan virtual agar berjalan dengan baik, mulai dari persiapan jaringan Internet maupun komputer yang dipakai sebagai media silaturahmi.

Kami ingin memastikan pelayanan yang kami berikan kepada warga binaan dapat dilaksanakan secara optimal dan tidak ada kendala agar WBP nyaman dalam melakukan video call," kata Karutan.

Salah satu warga binaan berinisial ARS mengungkapkan perasaan haru dan mengucapkan terima kasih kepada Rutan Wates karena telah memfasilitasi mereka.

"Alhamdulillah walaupun cuma lewat VC, saya bisa syawalan dengan bapak ibu saya. Sudah lama sekali saya tidak ketemu. Terima kasih Rutan Wates sudah menyediakan fasilitas seperti ini. Benar-benar memudahkan kami mengobati rindu apalagi di hari Lebaran," ungkap ARS.

Kegiatan video call ini telah dilaksanakan pada tanggal 13-14 Mei 2021, dengan jumlah peserta total sebanyak 112 orang.