Terus Bertambah, Total Kasus Positif Covid-19 Wirobrajan Jadi 30 Orang

Ilustrasi. - Freepik
18 Mei 2021 09:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, WIROBRAJAN -- Positif Covid-19 di Rukun Warga 56 Kelurahan Wirobrajan ada penambahan satu kasus hingga Minggu (16/5//2021). Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, dengan adanya penambahan ini, total warga positif saat ini berjumlah 30 orang.

Beberapa warga yang dirawat di rumah sakit sudah pulang dan menjalani isolasi mandiri. Untuk warga yang isoman maupun di shelter, pekan depan sebagian sudah selesai masa isolasinya.

"Tetapi sebagai pengembangan kasus, maka Selasa [18/5] depan kami akan swab sebanyak 30 orang atau lebih, tergantung pengembangan screening. Sedangkan yang kemarin hasilnya negatif, juga diminta masih tetap isoman, sampai puskesmas menginginkan untuk selesai isolasinya," kata Heroe, Senin (17/5).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani, tracing kontak erat pasien positif Covid-19 masih terus berlangsung. "Kalau memang bisa dijangkau [akan] kami lacak, tapi kan kadang-kadang kami enggak tahu tamunya siapa saja, kadang dari luar daerah, kami lacak yang bisa aja, yang ada di lingkungan kami [Jogja]," kata Emma,

Selama libur Idulfitri 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menilai kasus Covid-19 menurun. Menurut Heroe, peningkatan kasus kecil, sementara angka kesembuhan tergolong tinggi.

“Semoga memang menurun kasusnya, sebab selama libur lebaran laboratorium-laboratorium banyak yang libur. Sehingga proses PCR juga menunggu laboratorium buka kembali. Ya semoga Senin-Selasa besok ketika laboratorium sudah buka, Pemkot Jogja bisa mendapat gambaran yang lebih utuh,” kata Heroe.

Dari sisi zona Covid-19 berdasarkan perhitungan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) Mikro, ada sedikit perubahan. Zona hijau semakin meningkat dan zona kuning semakin turun. Namun masih ada zona merah di Kelurahan Wirobrajan. “Zona hijau mencapai 95,38 persen, zona kuning 4,62 persen, dan zona merah 0,04 persen. Tidak ada zona orange,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

Sebelum libur Idulfitri, kasus Covid-19 di Jogja yang berada dalam perawatan maupun isolasi sebesar 358 kasus. Sementara saat ini, Minggu (16/5), tercatat 316 kasus. “Kamar rumah sakit yang terpakai untuk ICU mencapai 57 persen, dan kamar isolasi 43 persen,” kata Heroe.