Advertisement

Pelaku UMKM Ngupasan Dilatih Digital Marketing

Ujang Hasanudin
Kamis, 20 Mei 2021 - 12:27 WIB
Sunartono
Pelaku UMKM Ngupasan Dilatih Digital Marketing Pelatihan digital marketing. - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Adanya wabah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun melanda dunia, membawa dampak yang luar biasa. Hampir semua sektor terpuruk dan yang paling parah adalah sektor ekonomi. Dalam kondisi yang belum normal ini menginisiasi Pemerintah Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Jogja untuk melatih para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk berjualan secara daring atau online.

“Untuk mengikuti perubahan masyarakat Ngupasan harus mengikuti tren agar dapat berjualan secara online, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini harus mengurangi tatap muka sehingga penjualan online sebagai pilihan,” kata Lurah Ngupasan Didik Agus M, Rabu (19/5/2021).

BACA JUGA : Bangkitkan UMKM Kerajinan Bambu, KKN UMY Lakukan 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Didik mengatakan pelatihan digital marketing atau daring sudah dilaksanakan pada Maret lalu selama dua hari yang diikuti sejumlah pelaku UMKM di wilayah Ngupasan dengan narasumber Cahtrina dan Guntur.

Menurut dia pelatihan digital marketing  merupakan salah satu solusi alternatif dalam menjalankan usaha secara online agar roda ekonomi masyarakat tetap bertahan di tengah pandemi. “Digital marketing adalah hal yang penting dipelajari oleh para pelaku usaha di tengah pandemi saat ini,” kata Didik.

Dalam paparannya, kata Didik, para narasumber mengatakan pentingnya UMKM membuat tampilan media promosi produk barang atau jasanya semenarik mungkin sehingga dapat mendongkrak omset penjualan. Salah satu media desain promosi yang bisa dibuat oleh para pelaku UMKM salah satunya yakni aplikasi Canva. Aplikasi tersebut terdapat banyak fitur desain menarik untuk menghasilkan media promosi yang marketable.

Selain desain canva, pelaku UMKM juga penting untuk memanfaatkan media sosial sebagai lahan promosi produk, beberapa aplikasi yang bisa dipakai yakni Facebook Ads dan Instagram Ads.

BACA JUGA : Digital Marketing Akan Dibentuk di Setiap Desa

“Media sosial tersebut sudah sangat mendunia dan paling banyak diminati oleh semua kalangan usia. Untuk itu dengan bekal kemampuan mengelola media Canva dan media sosial maka bisa meningkatkan target omset penjualan sehingga di masa pandemi ini roda ekonomi UMKM tetap bergeliat,” ujar Didik mengutip ucapan Narasumber.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Vaksin yang Wajib untuk Bayi dan Anak

News
| Jum'at, 30 September 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement